SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Xi Jinping Tertangkap Kamera Tegur Justin Trudeau, Ada Apa Beijing-Kanada Ribut-ribut di KTT G20?

1 6155204
Xi Jinping marahi Justin Trudeau, ada apa ini ribut-ribut?

DI momen Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali, Presiden Republik Rakyat China Xi Jinping nampak menceramahi Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. Ada apa sebenarnya?

Dilansir CNN, Kamis (17/11/2022), Xi Jinping tertangkap kamera sedang menegur Trudeau. Si penerjemah Xi Jinping menyebut ada isu ‘diskusi yang bocor ke publik’.

Nampak, tangan Xi Jinping sedikit naik sampai ke perut atas, namun dalam posisi terbuka. Kadang tangannya naik sampai ke dada dalam gestur seperti menekankan apa yang disampaikannya. Pandangan Xi Jinping menatap langsung ke Trudeau. Xi Jinping terus berbicara dengan nada menceramahi Trudeau.

Baca JugaKorut Tembakkan Sejumlah Peluru Arteleri ke Dekat Zona Demiliterisasi KoreaAda Brosur Anies Baswedan di Dalam Kotak Nasi Padang, Begini Klarifikasi Restoran Pagi Sore

“Semua yang kita diskusikan telah bocor ke dokumen dan itu tidak pantas,” kata penerjemah Xi Jinping.

“Dan itu bukanlah cara pembicaraan dilakukan,” kata penerjemah Xi Jinping.

Sikap tubuh Trudeau terlihat berdiri tegak dengan mata memperhatikan Xi Jinping. Sesekali, Trudeau terlihat mengangguk. Xi masih terus berbicara.

Baca JugaBagaimana Demonstrasi Tuntut Xi Jinping Mundur Marak di China?Ada ART Ferdy Sambo Undur Diri Usai Brigadir J Tewas Dibunuh

“Jika ada ketulusan di pihakmu, maka kita akan menggelar pembicaraan dengan sikap saling menghormati, bila sebaliknya maka bisa ada konsekuensi yang tidak bisa diprediksi,” kata Xi ke Trudeau via penerjemah, namun penerjemah hanya menerjemahkan, “Bila ada ketulusan di pihakmu.”

Pembicaraan ini dilakukan sambil berdiri, di belakangnya ada latar belakang gambar G20 dan bendera pelbagai negara. Setelah Xi selesai berbicara, Trudeau mengucap tanggapannya.

“Di Kanada, kita percaya terhadap dialog yang bebas dan terbuka. Kita akan melanjutkan kerja bersama yang konstruktif, namun bakal ada hal-hal yang kita tidak bisa setujui,” kata Trudeau.

Baca JugaRangkaian Awal Mula Hakim Heran Cerita Susi Terkait Putri Candrawathi Terjatuh di Kamar MandiTim Investigasi Khusus Kasus Tragedi Halloween Itaewon Geledah 55 Lokasi, Termasuk Kantor Kepala Badan Kepolisian Nasional dan Kepala Badan Kepolisian Metropolitan Seoul

“Mari kita ciptakan kondisinya dulu,” kata penerjemah Xi.

Di akhir pembicaraan, Xi menjabat tangan Trudeau dan mereka berdua pergi ke arah masing-masing. Ada masalah apa ini sebenarnya? (*)

Kirim Komentar