SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Usai Retas Pertamina, Begini Pengakuan Desorden

1880077814
Tangkapan layar akun Desorden di Web forum hacker

DESORDEN mengaku akan pergi dari Indonesia. Ini dilakukan setelah hacker itu membocorkan data milik Pertamina.

Dalam unggahan di Breached.to, akun itu mengatakan Indonesia terlalu panas dan akan meninggalkan negara ini. Namun mereka meninggalkan kontak jika menginginkan informasi lebih lanjut terkait data yang bocor.

“Terlalu panas di Indonesia dan grup kami akan meninggalkan Indonesia untuk saat ini,” tulis akun Desorden, dikutip Senin (19/9/2022).

Baca JugaPolda Metro Jaya Siapakan Pengalihan Arus Lalin Terkait Aksi Unjuk Rasa di Kawasan Istana Merdeka Hari IniIndosat Ooredoo Hutchison PHK Lebih dari 300 Karyawan, Beri Pesangon Tertinggi Capai 75 Lipat Gaji

Unggahan kebocoran data itu berjudul ‘PT Sigma, Subsidiary of Pertamina Indonesia Hacked by Desorden’ tertanggal 15 September 2022. Akun itu menuliskan sebagai pihak yang bertanggung jawab atas pembobolan data. Kebocoran data itu sebesar 1,6 GB database dan kode sumber.

Menurut Desorden, grup itu terlalu malas untuk mengirimkan seluruh data berjumlah ribuan GB dari jaringan perusahaan.

Baca JugaKepala Badan Keamanan Siber Nasional Jerman di Bawah Pengawasan Atas Laporan Hubungan dengan Intelijen RusiaJalani Sidang Pemeriksaan Saksi Kasus Ferdy Sambo, Bharada E: Keterangan Pak Kamaruddin Simanjuntak Sudah Benar Semua

“Kami bertanggung jawab atas peretasan dan pelanggaran data PT Sigma Cipta Utama, satu-satunya anak perusahaan yang bertanggung jawab pada Manajemen Data di Elnusa Group, anak perusahaan Pertamina indonesia, sebuah perusahaan milik negara pemerintah Indonesia,” kata Desorden.

Link berisi data yang bocor juga mereka perbarui karena disebutkan terus diblokir. Menurut Desorden, berasal dari laporan perusahaan.

Desorden juga menyinggung Bjorka, pihak yang membocorkan data-data sejumlah instansi dan pejabat publik. Akun itu hanya menyertakan sebuah link berita dan mengatakan media Indonesia percaya Desorden bekerja sama denagan Bjorka. (*)

Kirim Komentar