SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Tragedi Itaewon, Halloween Makan Korban 149 Orang Tewas, 2 Warga Asing

1667066272 1834 1111.jpg
Insiden Itaewon, Korea Selatan, Sabtu, 30 Oktober 2022. (Foto: Twitter)

SEDIKITNYA 149 orang tewas dan lebih 78 lainnya terluka dalam tragedi Itaewon, di Yongsan-gu, pusat kota Seoul, menurut otoritas kebakaran merilis updata pada Minggu (30/10/2022) pukul 5.00 waktu setempat. Petugas pemadam kebakaran mulai menerima laporan pasien mengalami kesulitan bernapas akibat pesta Halloween pada Sabtu (29/10/2022) pukul 22.22.

Dari 149 orang meninggal, 101 dirawat di rumah sakit. Sebanyak 45 jenazah tergeletak di lokasi dan dipindahkan ke gimnasium ruangan serbaguna di sekitar tempat kejadian tragedi Itaewon.

“Identifikasi jenazah diperkirakan akan memakan waktu,” kata petugas pemadam kebakaran.

Sebagian besar korban tewas berusia 20-an tahun. Para pejabat memperkirakan bahwa jumlah korban akan terus meningkat akibat tragedi Itaewon.

Baca JugaPolisi Selidiki Penyebab Kebakaran di Kubah Masjid Jakarta Islamic Center hingga Runtuh Dilalap ApiKronologi Saat Ferry Mursyidan Baldan Ditemukan Meninggal Dunia Basement Bidakara

Para pejabat mengkonfirmasi bahwa dua orang asing tewas dan 15 orang asing terluka pada hingga Minggu pukul 6.40 pagi.

“Tidak ada laporan terkait narkoba yang dikonfirmasi,” kata Kepala Divisi Kriminal Kepolisian Yongsan, Choi Eul-cheon menanggapi pertanyaan apakah narkoba terlibat dalam insiden tersebut.

Baca JugaPeringati Sumpah Pemuda, Relawan Ganjar Tegaskan Sangat Militan dan Bukan Pendukung Asal-asalanTerungkap Motif Aipda HR Coret Kantor Polres Luwu ‘Sarang Pungli’ dan ‘Sarang Korupsi’

Pemadam kebakaran mengeluarkan tanggapan tahap pertama pada pukul pada Sabtu 22.38. Lalu memberikan update pada pukul 23.50. Sebanyak 848 personel, termasuk 364 petugas pemadam kebakaran dan 142 ambulans dikerahkan menangani tragei Itaewon.

Sekitar pukul 23.30, petugas penyelamat melakukan pertolongan pada puluhan orang yang pingsan di dekat Hotel Hamilton di Itaewon, kata laporan.

Laporan awal mengatakan ada 50 orang mengalami serangan jantung di tempat kejadian.

Baca JugaAir Force One Mendarat di Bali, Joe Biden Disambut Tarian BaliIbu Brigadir J Luapkan Emosi: Ada Apa Kamu Sama Si Putri Itu Kuat Ma’ruf?

Sekitar 100.000 orang berada di distrik hiburan pada Sabtu untuk merayakan akhir pekan Halloween pertama tanpa masker dan langkah-langkah jarak sosial sejak awal pandemi Covid-19.

Presiden Yoon Suk-yeol mengatakan semua kementerian dan lembaga terkait, yang dipimpin menteri administrasi publik dan keamanan, harus melakukan upaya untuk memberikan bantuan kepada para korban. Demikian dikatakan juru bicara kantor wakil presiden, Lee Jae-myung.

Presiden menyerukan langkah-langkah keamanan untuk menghadapi keadaan darurat akibat acara Halloween yang berlangsung di seluruh negeri.

Baca JugaBPOM: Tak Semua Obat Sirup Termorex Tercemar Etilen Glikol dan Dietilen GlikolAlami Gangguan Mesin Lion Air JT-330 Rute Jakarta-Palembang Putar Balik ke Bandara Soetta, Begini Kronologinya

Adapun Wali Kota Seoul Oh Se-hoon memutuskan segera kembali ke Koea dari perjalanan bisnisnya di Eropa. (*)

Kirim Komentar