SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Tidak Hadir di DPR, KSAD Temui Pasukan yang Akan Tugas Menjaga Wilayah Perbatasan RI-PNG

6315cb79c4406 viva militer kasad jenderal tni dudung cek kesiapan satgas pamtas ri png 1265 711
Kasad Jenderal TNI Dudung cek kesiapan Satgas Pamtas RI-PNG Sumber : Dispenad

NAMA Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman hari ini santer diperbincangkan oleh Anggota Komisi I DPR RI. Sebab, orang nomor satu di Matra Angkatan Darat itu tidak hadir atau absen dalam agenda Rapat Kerja dan Anggaran (RKA) antara Komisi I DPR RI dengan Kementerian Pertahanan RI, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, dan para Kepala Staf Angkatan dari tiga matra TNI.

Ketidakhadiran Kasad Dudung memenuhi undangan wakil rakyat yang menggawangi urusan pertahanan itu pun sempat dipertanyakan oleh sejumlah anggota Komisi I DPR RI.

Namun, siapa sangka, Jenderal TNI Dudung lebih memilih untuk menemui para prajuritnya yang akan menjalankan tugas menjaga wilayah perbatasan Republik Indonesia dan Papua Nugini (RI-PNG).

Baca JugaSheriff Bexar County, Javier Salazar Sebut Pelaku Penembakan WNI di Texas Tidak Menunjukkan Penyesalan5 Teori Tentang Peristiwa Gerakan 30 September, Paling Terkenal Nomor 3

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung hari ini tidak dapat menghadiri agenda RKA bersama Komisi I DPR RI karena sedang melakukan kunjungan kerja ke wilayah Kodam II/Sriwijaya.

Dilansir delik.news dari keterangan resmi Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Dispenad), Senin, 5 September 2022, Jenderal Dudung selaku pembina kekuatan matra darat hari ini mengunjungi Yonif 143/TWEJ dalam rangka memeriksa secara langsung kesiapan operasi Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Batalyon Infanteri (Yonif)143/TWEJ yang bermarkas di Natar Lampung Selatan.

Baca JugaIrjen Ferdy Sambo Ditahan, Tidak Ada Perlindungan dari LPSK, Siapa yang Lindungi Putri Candrawathi?Jasa Marga Bocor, Berikut Korban Peretasan Desorden

Satgas Yonif 143/TWEJ adalah salah satu pasukan tempur TNI Angkatan Darat yang akan melaksanakan penugasan sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Sektor Utara. Dalam waktu dekat ini, mereka akan berangkat tugas selama kurang lebih satu tahun di wilayah perbatasan.

Jenderal Dudung mengatakan, kehadirannya di tengah-tengah prajuritnya yang akan melaksanakan operasi di perbatasan RI-PNG itu, untuk memastikan personel, materiel dan aspek-aspek lainnya telah siap dengan baik sebelum melaksanakan penugasan.

“Kita pastikan semua aspek terjaga dengan baik, terutama kemampuan, kesiapsiagaan dan keterampilan prajurit, disiplin dan kepatuhan pada hukum, kesiapan alat perlengkapan, dan sarpras yang akan digunakan. Selain itu, memberikan dukungan moril baik bagi prajurit dan keluarga yang berangkat melaksanakan penugasan maupun yang tinggal di home base (Korum),” kata Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Baca JugaBloomberg: Inilah Pilihan Jokowi untuk Pertahankan Kekuasaan Setelah Masa Jabatan Indonesia BerakhirAndreas Nahot Silitonga Undur Diri Sebagai Pengacara Bharada E

Kasad menyampaikan, TNI Angkatan Darat saat ini telah melakukan pemenuhan kebutuhan operasi khususnya perlengkapan perorangan, senjata, transportasi dan kebutuhan operasi lainnya. Serta pemenuhan kebutuhan dasar prajurit guna meningkatkan kesejahteraan prajurit, PNS dan keluarganya, seperti perumahan, air bersih, kesehatan dan peningkatan gizi prajurit melalui susu serdadu dan fasilitas lainnya. 

Dalam kesempatan itu, Jenderal Dudung juga berpesan kepada seluruh personel Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 143/TWEJ agar dapat menggunakan kemampuan dan pengalaman yang dimiliki sebagai Satuan yang pernah sukses melaksanakan tugas operasi di Aceh, dalam menjalankan tugas sebagai Satgas Pamtas RI-PNG dengan baik. 

Untuk itu, Kasad menekankan kepada prajurit Yonif 143/TWEJ agar jangan lengah dan selalu waspada, menguasai medan operasi, tipologi wilayah, serta tidak melakukan pelanggaran sekecil apapun.

Baca JugaSingo Edan Vs Bajul Ijo Makan Korban 127 Orang Tewas di KanjuruhanTanggapi Ulah Eko Kunthadi, Susi Pudjiastuti Mention Ganjar Pranowo: Isin Pak, Mosok Tiang Koyok iki Jenengan Dadeke Pemimpin Team Jenengan

“Laksanakan tugas dengan baik. Konsepnya sederhana, kalau ingin berhasil jangan pernah menyakiti hati rakyat. Karena kehadiran kalian di sana, selain menjaga kedaulatan NKRI, juga menjadi solusi dalam membantu mengatasi kesulitan masyarakat,” kata Jenderal Dudung. (*)

Kirim Komentar