SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Terungkap Motif Aipda HR Coret Kantor Polres Luwu ‘Sarang Pungli’ dan ‘Sarang Korupsi’

Aipda HR coret kantornya Polres Luwu bertuliskan Sarang Korupsi. Foto: Dok. Istimewa

KAPOLDA Sulsel Irjen Pol Nana Sudjana mengungkap motif Aipda HR, anggota Polres Luwu yang mencoret kantornya dengan tulisan ‘Sarang Pungli’ dan ‘Sarang Korupsi’.

Nana mengatakan, Aipda HR melakukan vandalisme karena sakit hati dimutasi dari jabatannya.

Aipda HR sebelumnya menjabat sebagai Kanit Tipikor Satreskrim Polres Luwu. Ia kemudian dimutasi menjadi Staff Urkes Polres Luwu karena menjalani rawat jalan terkait kejiwaannya di RS Batara Guru, Palopo.

Baca JugaElon Musk: Kerja Keras atau Mundur, Resign Massal Karyawan TwitterBeredar Video Pengakuan Ismail Bolong Terkait Aktivitas Pertambangan Ilegal di Kaltim Diduga Dibeking Pati Polri

“Yang bersangkutan ini berdinas di Tipikor Satreskrim, dimutasi ke Kurdokes Polres. Ini rupanya menimbulkan ada rasa tidak puas,” kata Nana saat diwawancarai disela-sela kunjungannya di RSJ Dadi Makassar, Senin (17/10) malam.

Nana mengaku, sejak 2021, Aipda HR sudah mendapatkan perawatan kejiwaan. Kemudian, pada Februari 2022, dia sudah agak baikan sehingga kembali berdinas. Namun, ia dipindahkan menjadi staff urkes.

Baca JugaBeranikah Hasto Keluarkan Ganjar dari PDIP?Alasan Hakim Menolak Nota Keberatan Ferdy Sambo di Kasus Pembunuhan Berencana Brigadir J

Meski telah dirawat, kondisi Aipda HR tak sepenuhnya sembuh. Sehingga, dia masih memiliki perasaan kecewa dengan mutasi tersebut.

Ia akhirnya melampiaskan kekecewaannya itu dengan mencoret bangunan Polres Luwu dengan tulisan ‘Sarang Pungli’ dan ‘Sarang Korupsi’.

“Dengan rasa tidak puas kemudian ini yang menimbulkan sehingga ada tulisan sarang pungli dan sarang korupsi,” ucap Nana.

Baca JugaPolisi Olah TKP di Kediaman Lesti Kejora Terkait Dugaan Kasus KDRT Rizky BillarKetua Badan Pemenangan DPP RGP2024, Riswan: Saya Anggota KAHMI, Saya Optimis Ganjar Pranowo Menang di Pilpres 2024

Kapolda Sulsel, Irjen Pol Nana Sudjana. Foto: Dok. Istimewa
Kapolda Sulsel, Irjen Pol Nana Sudjana. Foto: Dok. Istimewa

Meski Aipda HR ini disebut, ada gangguan kejiwaan, Nana berjanji cuitan HR akan tetap didalami. Ia telah menerjunkan personel dari Propam Polda Sulsel ke Luwu untuk melakukan penyelidikan.

“Makanya kami masih dalam penyelidikan, kalau terbukti akan kami tindak. Ini masih tunggu hasil penyelidikan dari anggota di sana,” tandasnya.

Aipda HR coret kantornya Polres Luwu bertuliskan Sarang Korupsi. Foto: Dok. Istimewa
Aipda HR coret kantornya Polres Luwu bertuliskan Sarang Korupsi. Foto: Dok. Istimewa

Baca JugaBNPB Catat 3.895 Orang Mengungsi Akibat Gempa Magnitudo 5,6 di CianjurPenembakan di Colorado, 5 Tewas 18 Terluka di Klub Malam Gay

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan bakal mengusut aksi Aipda HR, yang mencoret kantornya sendiri dengan tulisan ‘Sarang Pungli’ dan ‘Sarang Korupsi’.

Kadiv Propam Polri Irjen Syahardiantono telah diperintahkan untuk melakukan pemeriksaan.

“Ada masukan dari personel Polri dan masyarakat akan hal tersebut. Oleh sebab itu, saya sudah instruksikan kepada Kadiv Propam dan jajarannya untuk mendalami munculnya tulisan tersebut,” kata Sigit dalam keterangan tertulisnya. (*)

Kirim Komentar