SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Tertua di Jawa Timur Masih Misterius, Kerajaan Kanjuruhan Umurnya Sama dengan Kerajaan Tarumanegara

candi badutjpg 20211209010920
Candi Badut, salah satu peninggalan Kerajaan Kanjuruhan. (Jurnal Malang)

NAMA Kerajaan Kanjuruhan mungkin tak sementereng nama Kerajaan Majapahit atau Kerajaan Singosari bagi masyarakat awam di Jawa Timur. Namun siapa sangka jauh sebelum kerajaan – kerajaan tersebut berjaya ada Kerajaan tertua di Jawa Timur yang terlebih dahulu berdiri.

Dalam catatan sejarah Kerajaan Kanjuruhan yang berada di Malang tercatat kerajaan yang umurnya sama dengan Kerajaan Tarumanegara di Jawa Barat. Kerajaan yang terletak di aliran Kali Metro yang letaknya berada di lereng Gunung Kawi sisi timur.

Kanjuruhan merupakan kerajaan yang pernah berpusat di wilayah tempat Kota Malang saat ini. Hal tersebut dikonfirmasi dari penemuan prasasti Dinoyo. Kini, prasasti sejarah Kerajaan Kanjuruhan yang berangka tahun 682 Śaka atau 760 Masehi itu tersimpan di Museum Nasional Indonesia, Jakarta.

Baca JugaStriker Bintang Polandia Robert Lewandowski Cetak Gol Lagi, Barcelona Tundukkan Sevilla 3-0Israel Akui Tembak Tentaranya Tembak Jurnalis Al Jazeera Shireen Abu Akleh

Jejak sejarah Kanjuruhan juga dapat dilihat dari Candi Badut yang terletak di desa Karang Besuki, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Situs ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Kanjuruhan dan dibangun pada masa pemerintahan Gajayana.

Jacques Dumarcay, seorang ahli bangunan kuno berpendapat candi ini pernah mengalami dua kali perubahan yaitu pada abad 9 dan abad 13, demikian dikutip dari laman Kemdikbud.

Baca JugaEkonomi Ambruk hingga Banyak Persoalan di Indonesia, Ini Resep Benny K HarmanBjorka Curhat: Pemimpin Teknologi Jangan Seorang Politisi atau Tentara

Candi bercorak Hindu-Siwa tersebut, menurut Purbatjaraka, terkait dengan Prasasti Dinoyo. Sebab lokasi penemuan prasasti Dinoyo tidak jauh dari Candi Badut, dan sama-sama menunjukkan unsur Siwaisme yang menonjol.

Berdasarkan pendapat B. De Haan yang juga dilansir di laman Kemdikbud, Candi Badut termasuk bangunan situs tertua di Jawa Timur karena arsitektur maupun seni arcanya memperlihatkan gaya Jawa Tengah. Pendapat ini didukung pula oleh Dr. R. Soekmono dalam disertasinya.

Kirim Komentar