SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Sri Mulyani: Liz Truss Imbas Kekacauan Ekonomi dan Keuangan di Inggris

CjkinzN007063 20221020 CBMFN0A003
Liz Truss (Foto: Antara/Xinhua)

MENTERI Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani turut menyampaikan pandangannya atas dinamika yang terjadi di Inggris menyusul mundurnya Liz Truss sebagai perdana menteri (PM).

“Kita semua mengikuti politik di Inggris, dimana dari mulai menteri keuangannya diganti dan sekarang perdana menterinya turun,” ujar dia saat menggelar konferensi pers realisasi APBN September 2022 pada Jumat, 21 Oktober.

Menurut Menkeu, kondisi tersebut tidak lepas dari faktor tekanan ekonomi yang terjadi saat ini. Malahan, saking kuatnya pressure yang diterima, Liz Truss hanya mampu bertahan selama 45 hari di pucuk pimpinan tertinggi pemerintahan negara Raja Charles tersebut.

Baca JugaTerungkap di Persidangan Hasil Visum Jenazah Brigadir J, Jaksa Sebut Tidak Ditemukan Cairan SpermaTGIPF: Ada Keengganan dari Dokter-dokter untuk Berikan Keterangan Kematian Korban Tragedi Kanjuruhan

“Ini menggambarkan turmoil (kekacauan) yang terjadi baik dari sisi ekonomi dan keuangan telah menimbulkan imbasnya ke politik,” tutur Menkeu.

Dia pun menjelaskan jika situasi global masih terus diliputi ketidakpastian yang berlanjut dan diperkirakan akan terus memuncak hingga tahun depan seiring dengan harga komoditas yang masih menjulang.

Baca JugaWamenkes Sebut Ada Sejumlah Obat Sedang Diinvestigasi, 15 dari 18 Obat Mengandung Etilen GlikolPak Dahlan Sang Pemuja KTT G20

“Poinnya adalah harga komoditas masih sangat tidak pasti dan cenderung tinggi karena memang faktor yang mempengaruhinya, seperti geopolitik dari perang yang mengganggu sisi pasokan maupun distribusi. Ini membuat harga mudah sekali bergejolak,” tegasnya.

Dalam catatan bendahara negara, inflasi Inggris sekarang sudah terbang ke level 10,1 persen.

“Angka ini diperkirakan bakalan terus bertahan di level tinggi selama beberapa saat,” kata dia.

Baca JugaBeranikah Hasto Keluarkan Ganjar dari PDIP?Saat Singgung Kemenangan di Pilpres 2014 dan 2019, Jokowi: Kelihatannya Setelah Ini Jatahnya Pak Prabowo

Seperti yang diberitakan redaksi sebelumnya, Perdana Menteri Inggris Liz Truss mengumumkan pengunduran diri hanya enam minggu setelah dilantik. Keputusan itu ditengarai akibat dampak program ekonomi yang mengejutkan pasar keuangan dan memecah belah Partai Konservatif. (*)

Kirim Komentar

Ketika Sains Melihat Hantu Kenapa Indonesia Tak Dijadikan Negara Islam Saja? Terungkap Alasan Hepatitis Akut Disebut Misterius