SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Situs HS2: Tanah Makam Anglo-Saxon di Buckinghamshire, Menguak Leluhur Inggris

bfc97d266f254c2793940fd0fd35ac56
Lokasi pemakaman Anglo-Saxon. (Foto: PA Media)

AREA pemakaman Anglo-Saxon dengan ratusan kuburan ditemukan di sepanjang rute HS2. Ahli menyatakan area kuburan jadi salah satu yang terbesar yang pernah ditemukan di Inggris, sebagaimana dikutip dari BBC News Indonesia.

Rute HS2 adalah jalur transportasi yang menghubungkan London (selatan) dengan kota-kota besar di wilayah tengah dan Inggris bagian utara, seperti Birmingham, Manchester hingga ke Leeds. Kerangka tubuh dengan senjata tajam yang tertanam di tubuh, perhiasan dan senjata termasuk di antara yang ditemukan di Wendover, Buckinghamshire.

Bukti-bukti peradaban Neolitik (zaman batu muda), Zaman Perunggu, Zaman Besi dan aktivitas Romawi juga ditemukan.

Baca JugaDiteriaki Presiden Saat Buka Rapimnas Demokrat, AHY: Bukan Saya MemprovokasiThe Lord of the Rings: The Rings of Power Catat Pemutaran Perdana Terbesar, Tarik 25 Juta Penonton Global

Anglo-Saxon adalah kelompok masyarakat yang mendiami Inggris pada Abad Pertengahan Awal.

Mereka berasal dari daratan Eropa (bangsa Germanic) pada abad ke-5 dan berinteraksi dengan penduduk asli Inggris, yang kemudian membentuk kelas penguasa sampai penaklukan Norman.

Baca JugaJasa Marga Bocor, Berikut Korban Peretasan DesordenUsai Antar Jasad Brigadir J, Sopir Ambulans Disuruh Menunggu, Hakim: Buset! Hanya Tunggu Jenazah Tanpa Tahu Ada Apa-apa

Arkeolog Rachel Wood mengatakan, signifikansi situs itu untuk “pemahaman sejarah dan arkeologis” Anglo-Saxon Inggris adalah “sangat besar”.

Dalam situs ini terdapat 141 pemakaman umum dan lima pemakaman kremasi.

Kerangka tubuh laki-laki ditemukan bersama dengan besi tajam yang tertanam di tulang punggungnya, yang diyakini para ahli mungkin menjadi faktor penyebab kematian mereka.

Barang-barang lain yang ditemukan tahun lalu termasuk 89 bros, lebih dari 2.000 manik-manik kuning, 51 pisau, 40 gesper, dan 15 ujung tombak.

Baca JugaWamenkes Sebut Ada Sejumlah Obat Sedang Diinvestigasi, 15 dari 18 Obat Mengandung Etilen GlikolOtoritas Palestina Terkejut Tidak Ada Tanggapan Internasional Terhadap Teror dan Pelanggaran Biadab Pemukim Israel

image
Penemuan arkeologi HS2 menerangi ‘Abad Kegelapan’ Anglo-Saxon

Kemudian, sejumlah benda yang kemungkinan digunakan untuk perawatan diri juga ditemukan, seperti perlengkapan mandi dengan penghilang kotoran telinga dan tusuk gigi, lalu pinset, sisir, dan bahkan tabung kosmetik yang mungkin digunakan sebagai celak (penggaris mata) atau sejenisnya.

Penemuan tersebut telah difilmkan dalam layanan streaming sejarawan Dan Snow, History Hit.

Dalam podcast itu, pembawa acara mengatakan: “Penemuan menakjubkan di rute HS2 ini dapat memberi tahu kita lebih banyak tentang bagaimana pendahulu kita hidup, bertempur, dan akhirnya meninggal.

Kirim Komentar