SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Rusia Tangkap Jurnalis TV yang Kecam Perang Moskow Terhadap Ukraina Saat Siaran Langsung Televisi

1095487 720
Wartawan TV Rusia, Marina Ovsyannikova. FOTO/Facebook

OTORITAS keamanan Rusia pada Rabu, 10 Agustus 2022, menggerebek rumah Marina Ovsyannikova, mantan editor jaringan Channel One yang terafiliasi dengan Kremlin. Ia adalah sosok jurnalis yang mengecam perang Moskow terhadap Ukraina saat siaran langsung televisi.

Menurut Dmitry Zakhvatov, seorang pengacara OVD-Info yang membantu Ovsyannikova, pasukan keamanan Rusia menendang pintu rumahnya, tanpa menunggu perwakilan hukumnya tiba. Zakhvatov, seperti dikutip Politico, mengatakan, Ovsyannikova sedang dibawa ke hadapan Komite Investigasi Federasi Rusia, sebuah badan federal setara dengan Biro Investigasi Federal Amerika Serikat.

Zakhvatov menyatakan otoritas Rusia telah memulai kasus pidana yang berkaitan dengan tuduhan menyebarkan informasi palsu tentang angkatan bersenjata negara itu, di bawah undang-undang baru yang diadopsi oleh Kremlin setelah perang. Ancaman hukumannya maksimal 15 tahun penjara.

Baca JugaAgar Tidak Naik ke Lantai Atas, Kuwat Ma’ruf Gunakan Pisau Ancam Brigadir J di MagelangSidang Kode Etik Mantan Wadirkrimun Polda Metro Jaya: AKBP Jerry Raymond Siagian Diberhentikan Ridak Hormat

Belum bisa dipastikan apakah Ovsyannikova menghadapi tuduhan terkait serangan itu. Saat coba dimintai keterangan oleh media, dia sudah tidak bisa dihubungi. Namun kantor berita TASS, mengutip pernyataan yang sama dengan Politico soal Komite Investigasi Rusia yang telah membuka kasus pidana yang berkaitan dengan tuduhan menyebarkan informasi palsu tentang tentara negara tersebut.

Selama dua minggu terakhir, pengadilan Rusia telah memerintahkan Ovsyannikova untuk membayar dua denda tambahan karena mendiskreditkan tentara negara itu di postingan media sosialnya. Dia juga ditahan sebentar pada pertengahan Juli. Saat itu, pengacaranya menyebut tidak menutup kemungkinan akan dilakukan penyelidikan pidana.

Kirim Komentar

Ketika Sains Melihat Hantu Kenapa Indonesia Tak Dijadikan Negara Islam Saja? Terungkap Alasan Hepatitis Akut Disebut Misterius