SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Revolusi Baru Anies Baswedan

202204081550 main.cropped 1649407855
Anies Baswedan. (Ist)

POLITIK Kata yang satu ini mampu membawa sejumlah makna dalam pikiran orang-orang yang mendengarnya. Bagaimana tidak, hampir segala aspek dalam kehidupan kita pasti berkaitan dengan politik, mulai dari dunia sekolah, pekerjaan, bahkan soal pembagian lahan pemakaman sekalipun.

Hal inilah mungkin yang jadi salah satu motivasi pidato yang disampaikan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beberapa saat lalu ketika menghadiri sebuah acara Partai NasDem. Melalui sambutannya, Anies mengajak masyarakat dari berbagai latar belakang untuk ikut serta terjun dalam dunia politik.

Ia melihat Indonesia memerlukan banyak orang yang memiliki keahlian dalam bidangnya masing-masing untuk ikut terlibat dalam proses pengambilan kebijakan. Anies juga berpandangan, orang-orang yang memang memiliki kompetensi seharusnya perlu lebih didorong untuk masuk politik agar pengetahuannya bisa bermanfaat bagi negara dan banyak orang, bukan justru malah menjauhi politik.

Baca JugaGanjar Pranowo Temui Jokowi, Apa yang Dibahas?Fenomena Badai Vorteks di Pegunungan Jawa Tengah-Jawa Timur

Tak hanya itu, yang menariknya Anies juga sempat bercerita pendek tentang pengalamannya bertanya kepada seorang mahasiswa yang akan lulus di sebuah kampus. Setelah Anies bertanya apakah mahasiswa tersebut tertarik masuk politik setelah lulus, tanpa ragu-ragu, mahasiswa itu menjawab tidak mau. Alasannya pun cukup sederhana, yaitu ia melihat bahwa politik itu sifatnya kotor.

Jawaban mahasiswa yang ditanya Anies tadi mungkin mewakili sebagian besar pandangan masyarakat Indonesia, khususnya yang sudah mulai mengetahui sedikit demi sedikit keilmuan politik. Jangan jauh-jauh, jika kita cari di mesin pencarian internet saja, kita akan menemukan banyak artikel yang membahas tentang politik sebagai sesuatu yang kotor, buruk, dan bahkan jahat.

Baca JugaPolri: 8 Pintu Darurat di Stadion Kanjuruhan Tak Berfungsi, Faktor Pemicu 131 Orang Meninggal DuniaHasil Tes Psikologi Christian Rudolf Tobing, Pelaku Pembunuhan Ade Yunia Rizaban Alami Trauma Masa Kecil

Selain mengafirmasi ada stigma buruk tentang politik di masyarakat, cerita Anies tentang mahasiswa tadi juga membawa fenomena tersendiri di mana orang yang terdidik tentang politik justru malah ikut-ikut menjauhinya, bukan justru melibatkan diri dan mencoba menjadikan politik sebagai sesuatu yang baik.

Lantas, mengapa fenomena ini bisa terjadi? Apakah pengetahuan yang lebih tentang politik justru semakin membuat kita sadar bahwa politik itu pantas dijauhi?

Kirim Komentar