SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

PKS Usul Aher, Nama Terkuat Cawapres Pendamping Anies Baswedan

f2f119a7 f081 4423 a9f7 a7f1c248b797
Beredar poster 'Abah' Anies Baswedan-Ahmad Heryawan (Foto: dok. Istimewa)

SEBELUMNYA, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh telah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden pada pemilu 2024. Paloh menegaskan, partainya memberi otoritas penuh kepada Anies untuk memilih cawapresnya.

Dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bersama NasDem Demokrat selangkah lagi berkoalisi untuk pemilu 2024.

Juru Bicara PKS, M Kholid mengatakan, PKS mengusulkan mantan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher) sebagai cawapres pendamping Anies Baswedan.

Baca JugaKanwil Kemenkumham dan Polisi Selidiki Napi Anak yang Ditemukan Tewas di Lapas AmbonBerawal dari Michat, Korban Diimingi Rp500 Ribu, Oknum Kepsek Diduga Cabuli Pelajar SMP di Samarinda

Kholid menyampaikan sebetulnya ada empat nama yang kuat diusulkan menjadi cawapres antara PKS, NasDem dan Demokrat. Salah satunya Aher.

“Empat nama terkuat cawapres, Aher, AHY (Agus Harimurti Yudhoyono), Khofifah dan Andika,” kata dia dalam acara Ngopi dari Sebrang Istana (NSI): Utak-Atik Tiket Capres yang dilihat di kanal Youtube Survei KedaiKopi.

Baca JugaMendagri Inggris Suella Braverman Mundur Usai Insiden Salah Kirim EmailDaftar 91 Obat Sirup yang Diduga Penyebab Kasus Gagal Ginjal Akut pada Anak

Namun, Kholid mengatakan usulan calon wakil presiden dari PKS sudah mengerucut kepada satu nama, yaitu Ahmad Heryawan atau Aher.

Aher yang merupakan mantan Gubernur Jawa Barat itu sebelumnya masuk dalam daftar nama cawapres yang diumumkan PKS.

“Kalau dibuat mengerucut dari internal kita, kalau diminta satu orang dari PKS, pilihan mengerucut kepada Ahmad Heryawan sebagai salah satu kandidat yang kita usulkan,” kata Kholid.

Baca JugaBerikut Susunan Anggota Tim Gabungan Investigasi Pencari Fakta Tragedi KanjuruhanAKBP Ari Cahya Nugraha Klaim AKP Irfan Widyanto Tidak Langsung Lapor Terkait Pengambilan CCTV di Rumdin Ferdy Sambo Kompleks Duren Tiga

Namun, kata Kholid, soal nama Aher belum jadi keputusan final. Sebab, PKS masih akan membahasnya bersama Partai NasDem dan Partai Demokrat.

Seperti diketahui, ketiga partai tersebut saat ini tengah menjajaki koalisi untuk Pemilu dan Pilpres 2024.

“Nanti kami simulasikan di tim kecil seperti apa, nanti kami bikin kajian yang lebih mendalam,” ujarnya.

Baca JugaPeristiwa Gerakan 30 September Versi Letkol UntungPenguji Forensik Puslabfor Polri Ungkap Temukan 12 Butir Peluru dari 3 Jenis yang Berbeda di TKP

Selain itu, PKS pun menyambut baik keputusan Partai NasDem mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres 2024.

Kholid mengungkapkan Anies merupakan salah satu tokoh yang paling kuat di internal Majelis Syuro PKS. Ia menilai proses pembahasan capres bakal lebih mudah ketika NasDem sudah mengusulkan Anies.

Namun, sampai saat ini PKS juga belum mendeklarasikan calon presiden yang bakal diusung di Pilpres 2024.

Baca JugaKasus Pencabulan Santriwati, Bechi Dituntut 16 Tahun PenjaraBIN Bantah Kabar Beri Info ke Pengacara Keluarga Brigadir J

“Kalau terkait Pak Anies, kalau dari musyawarah Majelis Syuro, Pak Anies itu s ini sudah salah satu yang terkuat,” ujar Kholid. (*)

Kirim Komentar