SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Pidato Kebangsaan Anies Baswedan Miskin Literasi Internasional

anies baswedan 20221102 190050
Deklarasi Anies Baswedan calon presiden

DEKLARASI pencalonan Anies Baswedan sebagai Presiden dilakukan sore ini di JCC Senayan Jakarta oleh relawan. Anies menampilkan pidato kebangsaan sebagai tanda siap untuk bertarung di Pilpres 2024 yang merupakan gerakan masyarakat sipil (civil society) untuk mengembalikan hak-hak demokrasi dan konstitusional kepada pemiliknya, yaitu seluruh rakyat Indonesia.

Alumni UGM Heru Subagia menanggapi agenda politik Anies sore ini yang akan bertemu dengan para relawan, mengumumkan pencalonan diri dari tiga Partai Koalisi Perubahan dan menyampaikan pidato kebangsaan untuk para relawan.

“Isu yang menjadi latar belakang hanya menyoroti situasi negatif yang sedang dihadapi masyarakat bawah. Kemiskinan ,kesenjangan ekonomi, minimnya tenaga kerja. Isu ini dianggap basi ditengah upaya pemerintah mendorong kebangkitan ekonomi nasional,” ungkapnya, Rabu (2/11).

Baca JugaMengungkap Sosok Kuat Ma’ruf yang Berani Melarang Ajudan hingga Pegang Tubuh Istri Ferdy Sambo, Putri CandrawathiPolisi Pastikan Mobil Milik Keluarga Tewas di Kalideres Telah Dijual, Motif Korban Menjual Belum Diketahui

Eksplorasi isu, kata Heru, justru merendahkan diri atas kekuatan dan potensi negara besar yang dimiliki Indonesia. Masyarakat hanya diajak bernostalgia terjadinya perubahan ekonomi secara mendadak.

“Harusnya isu sosial dan ekonomi tersebut dikembangkan dalam ranah isu kreatif dan progresif. Masyarakat diajak berdialek dengan kondisi kekinian. Masyarakat harus diajak beradaptasi dengan derasnya perubahan dan letupan tidak terprediksi (disrupsi),” jelasnya.

Baca JugaHelikopter Milik Polri Hilang Kontak di Babel Usai Lewati Cuaca BurukBeredar Video Pengakuan Ismail Bolong Terkait Aktivitas Pertambangan Ilegal di Kaltim Diduga Dibeking Pati Polri

Bagi Heru,  Anies akhirnya terjebak dalam ranah politik praktis dengan mendorong relawan dan undangan untuk memenangkan dan mendukung partai Nasdem. Anies berdalih jika dari inisiasi dan keberanian Nasdem Anies bisa dicalonkan capres.

“Komunikasi politik tersebut menjadi blunder politik karena Nasdem sendiri belum memenuhi presidential threshold . Nasdem harus merger dengan partai lain,” ungkapnya.

Dengan demikian pidato kebangsaan Anies, anggapan Heru, sudah cedera dan membentengi sendiri dari koalisi partai lain. Sanksi politik terberat yakni Anies hanya akan mendapapatkan dukungan kader Nasdem dan sulit bagi pemilih partai lain untuk pindah ke partai Nasdem. Nasdem salah satu partai dengan tingkat perpindaha atau volatilitas pemilih sangat tinggi.

Baca JugaKBRI di Seoul Sebut 2 WNI Jadi Korban Luka-luka Tragedi Halloween di ItaewonJPU Curigai ART Ferdy Sambo Susi Pakai Earphone

Lebih lanjut, Heru memaparkan, sanksi kedua yakni partai lain akan memikirkan ulang untuk mendukung Anies. Anies mendeklarasikan dukungannya ke Nasdem dan bukannya menahan dulu sampai mendapatkan mitra koalisi. Partai lain beranggapan tidak ada coathtail effeck dengan mendukung Anies yabg jelas berpihak ke Nasdem.

“Pidato Anies sangat miskin literasi isu -isu internasional. Anies belum bisa mengajak relawan, tamu undangan dan masyarakat Indonesia untuk mengenal, mengeksplorasi dan menghadapi serta memberikan solusi berkaitan dengan isu -isu global. Padahal dunia saat ini datar ,dan terintegrasi kan oleh teknologi smartphone,” paparnya.

Tentunya bukan hanya isu komunal lokal yang dititik beratkan, menurut Heru, harusnya Anies mengajak masyarakat untuk beradaptasi dan melakukan perubahan -perubahan sebagai bagian kebutuhan kehidupan dalam masyarakat internasional .

Baca JugaBjorka Hadir Kembali Penuhi Janji, Retas 44 Juta Data Pengguna MyPertaminaMomen JPU Sebut Acay Tim CCTV Kasus KM50 di Sidang Pembunuhan Berencana Brigadir J

“Anies belum bisa berbicara tentang isu pertahanan dan hubungan internasional. Padahal Indonesia sebagai negara kepulauan yang secara geopolitik memveto berbagai kebijakan keamanan dan perdamaian dunia. Anies juga luka bahwa ekonomi sudah terintegrasi dalam bahan dan struktur ekonomi dunia,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Anies belum bisa mewacanakan dan mencontohkan bagaimana krisis Rusia -Ukraina menghantam mata rantai pasok energi dan pakan dunia. Anies lupa menjelaskan kepada masyarakat Indonesia jika gandum yang kita makan dari Rusia dan Ukraina, kedelai yang dijadikan tahu dan tempe harus diimport dari Amerika .

Dalam sektor isu keamanan regional ,Anies minim literasi berbicara perdamaian kawasan n Aliansi Strategis untuk membangun kerjasama keamanan dan pertahanan.

Baca JugaTerungkap Isi Chat Irjen Teddy Minahasa Soal Kasus Narkoba: Sudah Dihapus Tapi ‘Dikunci’ LindaApa Dampak Bagi Indonesia Jadi Presidensi G20?

“Anies mungkin lupa banyak isu-isu lingkungan yang akan menjadi bagian ancaman dunia dan juga Indonesia. Isu energi hijau, penyebaran dan pengayaan nuklir dan juga penyebaran penyakit antar kawasan. Anis mungkin lupa berbicara koneksitas pasar, integrasi keuangan dan isu perdagangan internasional Anies mungkin tutup mulut pada isu -isu berkaitan dengan transnasional isme- isme dunia atau import peradaban lupa dibahas,” pungkasnya. (*)

Kirim Komentar

Ketika Sains Melihat Hantu Kenapa Indonesia Tak Dijadikan Negara Islam Saja? Terungkap Alasan Hepatitis Akut Disebut Misterius