SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Perjalanan KA Lintas Selatan Terhambat, Ada Amblesan di Wilayah Cilacap

2822910758
Petugas dari Daop 5 Purwokerto memperbaiki rel KA yang amblas akibat dampak hujan deras di Cilacap /dok Humas Daop 5 Purwokerto

PERJALANAN sejumlah KA (kereta api) lintas selatan Jawa terhambat akibat ada amblesan dan gogosan di wilayah Kabupaten Cilacap. Hal itu dikatakan Kepala PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto Daniel Johannes Hutabarat.

“Hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak Jumat (7/10/2022) siang hingga pagi hari ini (8/10/2022), mengakibatkan jalur KA di petak jalan Jeruklegi-Kawunganten mengalami penurunan tanah atau ambles di beberapa titik, antara lain di KM 367+6/7 dan KM 372+400 serta KM 392+8/7 di petak jalan Sikampuh-Maos,” katanya dalam keterangan di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu.

Ia mengatakan amblesan tersebut diketahui Pusat Pengendali Perjalanan KA Daop 5 pada hari Sabtu (8/10/2022), pukul 01.01 WIB, berdasarkan laporan dari Awak Sarana Perkeretaapian KA Kahuripan (PLB 283C) relasi Blitar-Kiaracondong yang menginformasikan bahwa di petak jalan antara Stasiun Jeruklegi dan Stasiun Kawunganten terdapat gangguan perjalanan akibat adanya amblesan sepanjang 15 meter di KM 367+6/7 dan gogosan di KM 372+400.

Baca JugaKuasa Hukum Beberkan Fakta Putri Candrawathi Alami Pelecehan Seksual, Berikut 4 BuktinyaSaksi Ungkap Ferdy Sambo Sosok yang Gampang Marah

Selain di petak Jeruklegi-Kawunganten, gangguan perjalanan juga terjadi di KM 392+8/7 petak Sikampuh-Maos dan genangan di Stasiun Kroya KM 402+1/2 akibat genangan air yang cukup tinggi.

Lebih lanjut, Daniel mengatakan kejadian tersebut mengakibatkan perjalanan sejumlah KA jarak jauh yang melewati wilayah PT KAI Daop Purwokerto khususnya lintas selatan Jawa antara Yogyakarta-Bandung mengalami kelambatan.

Baca JugaYanma: Surat Izin Pemakaian Senpi Brigadir J dan Bharada E Dikeluarkan atas Perintah Ferdy SamboAkun Twitter Polsek Srandakan Cuit Tak Pantas Soal Tragedi Kanjuruan, Diduga Diretas

“Beberapa kereta api yang mengalami kelambatan di antaranya KA 132 Mutiara Selatan relasi Kiaracondong-Surabaya Gubeng lambat 378 menit, KA 79 Turangga relasi Surabaya Gubeng-Bandung lambat 373 menit,” katanya.

Selain itu, KA Parcel Selatan (KA 300G) lambat 329 menit, KA 119 Malabar relasi Malang-Kiaracondong lambat 309, KA 312 Kutojaya Selatan relasi Kiaracondong-Kutoarjo lambat 281 menit, KA 131 Mutiara Selatan relasi Surabaya Gubeng-Kiaracondong lambat 324 menit, KA Parcel Selatan (KA 299C) lambat 199 menit, dan KA 284 Kahuripan relasi Kiaracondong-Blitar lambat 217 menit.

Terkait dengan hal itu, Daniel mengatakan pihaknya mengambil langkah penanganan agar kelambatan perjalanan KA tidak bertambah dengan melakukan operstapen terhadap perjalanan KA-KA tersebut, yaitu dengan memindahkan penumpang ke armada bus.

Baca JugaRichard Eliezer Dibekali 1 Kotak Peluru 9 mm dari Ferdy Sambo untuk Eksekusi Brigadir JJejak Aktivis Kemerdekaan Papua, Filep Karma Ditemukan Meninggal di Pantai Base G Jayapura

PT KAI Daop 5 Purwokerto juga mengubah rute perjalanan KA 301 Serayu Pagi relasi Purwokerto-Kroya-Kiaracondong-Pasarsenen menjadi Purwokerto-Cirebon-Cikampek-Pasarsenen.

Hingga saat ini, kata dia, seluruh tim prasarana PT KAI (Persero) terus berupaya melakukan tindakan penanganan kondisi di lintas untuk dapat memastikan keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api di sejumlah area jalur rel yang terdampak.

Bagi calon penumpang KA yang terdampak, kata dia, dapat melakukan proses pembatalan tiket melalui loket yang terdapat di stasiun.’

Baca JugaDaryanto alias Kodir Mengaku Diperintah Ferdy Sambo Panggil Kasatreskrim Usai Brigadir J TewasTimnas Indonesia U-17 Digulung Malaysia 1-5, Bima Sakti: Saya Bertanggung Jawab Atas Kekalahan Ini

“Pembatalan tiket karena perjalanan kereta api dibatalkan, akan dikembalikan 100 persen di luar bea pesan. Atas nama PT KAI (Persero), kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” kata Daniel. (*)

Kirim Komentar