SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Penyuap Hakim Agung, Yosep Parera: Mau Tidak Mau, Semua Masyarakat Pasti Mengeluarkan Dana untuk Mencapai Keadilan

pengakuan penyuap hakim agung ma mempermudah pengurusan perkara 23092022 085038
Pengacara Yosep Parera atau YP usai tangkap tangan, (SinPo.id/Khaerul Anam)

PENYUAP Hakim Agung Sudrajad Dimyati, Yosep Parera, menyebut korupsi di lingkungan Mahkamah Agung (MA) terjadi di level bawah. Level bawah yang dimaksud Yosep, adalah jajaran struktural di bawah hakim.

“Saya menjelaskan tentang patologi hukum atau penyakit hukum yang diidap di dalam Mahkamah Agung, khususnya jajaran struktural, seperti panitera, penerima berkas, nomor perkara dan lain sebagainya,” kata Yosep kepada wartawan di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta, Senin (10/10/2022).

Hari ini Yosep diperiksa Komisi Yudisial (KY) selama 6 jam. Pernyataan tersebut disampaikan Yosep usai diperiksa KY.

Baca JugaSurat Dakwaan Tersangka Kasus Pembunuhan Berencana Ferdy Sambo Ungkap Aduan Putri Candrawathi yang Picu Amarah Ferdy SamboKomnas HAM Tegaskan Usut Kematian Munir Berdasarkan Fakta Bukan Penjelasan Hacker

“Jadi hakim agungnya sebenarnya pada beres. Permainannya ada di bawah,” imbuhnya.

Dia mengaku memberikan informasi kepada KY soal adanya uang suap yang diberikan kepada jajaran di bawah Hakim Agung. Hal itu guna laporan yang diberikan para pengacara dapat diterima ke meja Hakim Agung.

Baca JugaTanda-Tanda Ponsel Diretas HackerEngga Usah Gaduh Soal Parasetamol, Ini Penegasan BPOM

“Sehingga mau tidak mau, semua masyarakat itu pasti mengeluarkan dana untuk mencapai keadilan. Jadi yang dilakukan oleh kami itu agar surat kami itu bisa masuk ke meja hakim agung, itu kami harus membayar,” ucap Yosep.

“Membayar kepada siapa? Kepada struktural bawahnya. Jadi, mereka-mereka yang menangani perkara di bawahnya, menerima berkas dan lain sebagainya,” tambahnya. (*)

Kirim Komentar