SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Pakar: Pola Bjorka Mirip Hacker Anonymous

kepala indonesia cyber security forum ardi sutedja dd
Kepala Indonesia Cyber Security Forum, Ardi Sutedja. (Tangkapan layar)

POLA hacker Bjorka disebut mirip dengan hacker Anonymous. Hingga saat ini, tidak ada yang tahu siapa sesungguhnya sosok di balik hacker Anonymous.

Penilaian itu diungkapkan pakar keamanan siber Ardi Sutedja.

“Polanya Bjorka ini tidak berbeda jauh dengan hacker internasional, namanya Anonymous. Pola-polanya mirip,” ucap Ardi Sutedja dalam Sapa Indonesia Malam KOMPAS TV, Jumat (16/9/2022).

“Sampai sekarang pun tidak ada yang tahu siapa Anonymous itu, di mana dia bertempat tinggal, wujud wajahnya seperti apa,” imbuhnya.

Baca JugaUpdate Jumlah Korban Tragedi Kanjuruhan: 704 OrangBantah Berita dari Media Israel, Kemlu: Siapa Pun yang Disebut Pejabat Senior Tidak Berhak Mengatasnamakan Indonesia

Oleh karena itu, Ardi Sutedja menilai, keberadaan hacker Bjorka akan menjadi tantangan tersendiri untuk diungkap oleh pemerintah dan Polri.

“Jadi ini proses masih panjang. Terus terang saya melihat masih panjang, dan kemungkinan juga tidak bisa dalam waktu dekat akan kita lihat siapa sebenarnya, wujudnya apa itu Bjorka,” katanya.

Baca JugaMenlu AS Antony Blinken Minta Semua Pihak Tahan Diri usai Mantan PM Imran Khan DitembakMampu Sedot 6.000 Liter Air, 4 Mobil Tangki ke Lokasi Banjir Kemang

“Kenapa saya bilang apa? Karena ini orang atau bukan, kita tidak tahu,” ujarnya.

Ardi Sutedja meyakini, tidak akan mudah bagi pemerintah atau pun Polri untuk menangkap hacker Bjorka.

Apalagi seperti diketahui, hacker Bjorka bahkan masih sempat merespons tindakan Polri yang menangkap dan menetapkan seorang pemuda di Madiun sebagai tersangka.

Baca Juga5 Klaster Ancaman Politik di 2024Kedubes AS Buka Loker untuk Lulusan SMA hingga S1, Simak Syarat dan Ketentuannya

“Dengan adanya penangkapan di Madiun itu, dengan status tersangka, dia masih beraksi, nih. Artinya, ini proses masih panjang, ceritanya masih panjang ini,” ujar Ardi Sutedja.

Saat dikonfirmasi soal kemungkinan hacker Bjorka hanya sebagai broker dalam jual beli data, Ardi Sutedja mengiyakan. Ia juga meyakini, hacker Bjorka bukan pelaku tunggal.

“Indikasinya seperti itu ya, tidak mungkin dia meretas dan mengolah data sekian banyak, apalagi melakukan publikasi. Artinya, dia tidak pelaku tunggal, tapi bukan bagian dari kelompok,” pungkas Ardi Sutedja. (*)

Kirim Komentar

Ketika Sains Melihat Hantu Kenapa Indonesia Tak Dijadikan Negara Islam Saja? Terungkap Alasan Hepatitis Akut Disebut Misterius