SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Menlu AS Antony Blinken Minta Semua Pihak Tahan Diri usai Mantan PM Imran Khan Ditembak

imran khan after a shooting incident 1 6137129 1667480453577
Imran Khan setelah insiden penembakan di Wazirabad, Pakistan, pada 3 November 2022. (Pakistan Tehreek-e-Insaf via AP)

MENTERI Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken meminta semua pihak untuk dapat menahan diri usai mantan Perdana Menteri Imran Khan ditembak. Semuanya diminta untuk tidak melakukan kekerasan serta intimidasi.

“Kekerasan tidak memiliki tempat dalam politik, dan kami menyerukan semua pihak untuk menahan diri dari kekerasan, pelecehan dan intimidasi,” kata Blinken dalam sebuah pernyataan dilansir AFP, Jumat (4/11/2022).

Blinken menyatakan AS mendukung rakyat Pakistan. Dia menyebut AS juga berkomitmen terhadap demokratis dan perdamaian.

Baca JugaBIN Bantah Kabar Beri Info ke Pengacara Keluarga Brigadir JKeluarga-Kekasih Brigadir J Diperiksa Bersamaan, Ini Alasan Pengacara

“Amerika Serikat sangat berkomitmen untuk Pakistan yang demokratis dan damai, dan kami mendukung rakyat Pakistan,” ujarnya.

Sebelumnya, Mantan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan terluka usai ditembak oleh orang tak dikenal. Dalam insiden itu, seorang warga dilaporkan tewas dan 6 lainnya terluka.

Baca JugaViral Video Budi Dalton Sebut Miras Kependekan dari Minuman RosulullahSidang Perdana Brigjen Hendra Kurniawan, Begini Awal Mula Mantan Karo Paminal Polri Ini Dengar Skenario Ferdy Sambo

Seperti dilansir AFP, Kamis (3/11/2022), kondisi eks PM Pakistan Imran Khan dalam kondisi stabil usai tertembak di bagian kaki saat tengah melakukan rapat umum politik. Ajudan senior Raoof Hasan mengatakan penembakan itu merupakan upaya pembunuhan.

“Ini adalah upaya untuk membunuhnya, untuk membunuhnya,” kata ajudan senior Raoof Hasan kepada AFP.

Usai insiden tersebut, Khan pun langsung dievakuasi dengan kondisi luka tembak di betis kanannya. Sementara itu, beberapa pejabat partai Tehreek-e-Insaf (PTI) Pakistan juga terkena semburan tembakan yang ditujukan ke truk kontainer mereka yang dimodifikasi saat perlahan melewati kerumunan massa di dekat Gujranwala. .

Baca JugaPesawat Raksasa AS Boeing C-17 Globemaster III di Bali Bikin Heboh Warganet, Ini SpesifikasinyaPuan Maharani Ditinggal atau Disingkirkan PDI Perjuangan?

“Semua orang yang berdiri di barisan paling depan tertembak,” kata mantan menteri informasi Fawad Chaudhry, yang berdiri di belakang Khan, kepada AFP.

Dia mengatakan saat itu para pendukung mantan PM Pakistan di kerumunan pun mencoba merebut pistol dari penyerang. Karena upaya itu lah, penembak tidak berhasil membunuh Khan.

“Dalam perkelahian itu dia meleset dari sasaran,” ucapnya.

Namun demikian, Fawad Chaudhry menyebut tembakan yang meleset itu melukai 6 orang. Salah satu warga juga dikabarkan tewas akibat tembakan tersebut.

Baca JugaIni Alasan Rusia Tarik Mundur di Wilayah KhersonTangan dan Kaki Ade Yunia Rizabani Terikat, Dipaksa Christian Rudolf Tobing Transfer Uang

“Enam orang tertembak dan satu pendukung tewas,” katanya. (*)

Kirim Komentar