SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Mampukah Gerakan Pendukung ‘Radikal’ Ganjar Pranowo Tembus Pilpres 2024?

711004 05394503062022 Heru Subagja RGP2024
Ketua RGP2024, Heru Subagja/Ist

PEMILIHAN Presiden (Pilpres) 2024 masih puluhan bulan ke depan. Namun, sejumlah kelompok relawan sudah dideklarasikan. Beberapa nama kondang digadang-gadang untuk maju dan memenangkan pertarungan.

Bak cendawan di musim hujan. Mungkin itu pepatah yang pas untuk menggambarkan munculnya kelompok relawan yang marak belakangan.

Meski hari pemilihan belum ditentukan, sekelompok orang sudah menyatakan dukungan kepada sejumlah tokoh yang dianggap layak untuk maju dalam pesta demokrasi lima tahunan.

Baca JugaBerikut Profil 3 Hakim yang Bakal Adili Ferdy SamboPolisi Belum Bisa Pastikan Penyebab Kematian 1 Keluarga di Kalideres

Sejumlah nama yang muncul ke permukaan antara lain paling fenomenal Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Penerimaan publik terhadap Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo untuk menerima tongkat estafet kepemimpinan Jokowi di 2024 relatif stabil dan tinggi. Kehadiran Relawan Ganjar Pranowo dianggap sebagai sebuah proses demokrasi yang wajar. Relawan harus terus mendukung dengan kegiatan yang dapat mengangkat nama Ganjar semakin melambung.

Jadi wajar kalau ada inisiatif masyarakat membentuk relawan-relawan untuk mendukungnya. Saya kira fenomena dukungan dari masyarakat terhadap capres mereka telah mulai menjadi tradisi. Inisiatif-inisiatif seperti ini positif bagi demokrasi kita. Jika di PDI Perjuangan dikenal FX Hady sebagai pendukung garis keras Ganjar Pranowo dan ada juga kader PAN yang mendukung Ganjar Pranowo untuk maju capres 2024.

Baca JugaElon Musk Pulihkan Akun Twitternya, Donald Trump: Tidak TertarikJumlah Data Sebaran Korban Tragedi Kanjuruhan Masih Membingungkan Publik, Susi Pudjiastuti: Beri Angka yang Sejujurnya

Munculnya relawan politik di luar kader banteng hitam bermoncong putih yang mendeklarasikan diri mendukung Ganjar Pranowo, kian membuktikan bahwa sosok Gubernur Jateng tersebut merupakan salah satu figur terkuat ketimbang beberapa kandidat lain yang diprediksi akan berkontestasi dalam Pemilihan Presiden 2024.

Pasalnya, relawan basisnya adalah rakyat. Dukungan bagi Ganjar Pranowo ini bisa dikatakan sebagai dorongan murni yang berasal dari rakyat. Dengan kata lain, dalam konteks politik, dukungan harus dibangun sedini mungkin dan seluas mungkin. Sebab, dukungan politik tidak bisa instan, apalagi diciptakan secara dadakan.

Menariknya, para relawan ini mencoba untuk menghalang dukungan publik seluas mungkin. Langkah para relawan ini bisa menjadi bagian dari pembelajaran politik kewargaan. Dengan begitu, rakyat bisa semakin mengenal rekam jejak figur politik yang bakal berkontestasi dalam Pilpres 2024.

Baca JugaMAKI Ungkap Harga Sewa Private Jet PP yang Digunakan Brigjen Hendra Kurniawan Kunjungi Keluarga Brigadir J Sebesar Rp500 JutaPelatih Timnas Curacao Akui Indonesia Bermain Bagus hingga Taklukkan Skuad Asuhannya

Semisal, tokoh muda Heru Subagia, sejauh amatan saya, kader PAN ini sangat gigih dan berani menyuarakan Ganjar Pranowo for President jauh-jauh hari sebelum adanya hiruk pikuk isu pencapresan oleh partai politik.

Dari awal tahun 2020, Heru Subagia terus menggadang gadang nama Ganjar Pranowo sebagai penerus Jokowi di berbagai media online dan media sosial. Heru Subagia sempat ditunjuk sebagai relawan Ganjar di group internal FB Oktober 2020 . Namun baru saja 2 Minggu tumbang karena diprotes oleh anggota FB lainnya karena diyakini Heru Subagia sebagai due harder Prabowo Subianto pada Pilpres 2015 dan 2019.

Tidak putus asa dengan perlawanan yang dilakukan pendukung Jokowi, Heru Subagia menginisiasi terbentuknya Relawan Ganjar Pranowo 2024. Relawan tersebut dibentuk untuk mengakomodir pendukung 001 dan 002 dalam satu wadah besar rumah relawan.

Baca JugaBuka Suara Soal Rumor di PBSI Cipayung, Herry IP: Kevin Tak Mau Berlatih dengan SayaFerdy Sambo Sempat Bertingkah Janggal Saat Polisi Olah TKP Kasus Brigadir J di Duren Tiga

Akhirnya, hari Pancasila 1 Juni 2021, Heru Subagia melakukan Deklarasi Nasional Relawan Ganjar Pranowo 2024 di Cirebon, sebagai wadah relawan pertama yang terlahir khusus mengusung Ganjar RI 1. Dalam deklarasi tersebut dihadiri oleh peserta dari berbagai daerah. Uniknya, acara tersebut sempat dihambat dan didatangi pihak yang tidak setuju dengan pencapresan Ganjar sebagai presiden.

Pasalnya, situasi Ganjar dengan PDIP merunut akar masalahnya, berbagai pihak menyebut ketegangan terjadi sejak Pemilu 2020, tepatnya Pemilihan Bupati (Pilbup) Purbalingga 2020.

Saat itu, alih-alih mendukung pasangan Dyah Hayuning Pratiwi dan Sudono yang menjadi jagoan PDIP, Ganjar justru mendukung adik iparnya, Zaini Makarim yang menjadi wakil dari Muhammad Sulhan Fauzi.

Baca JugaMotif Perselingkuhan, Rizky Billar Lakukan KDRT Terhadap Lesti KejoraHari Ini, 85 Organ Relawan Total Dukung Ganjar Pranowo Nyapres 2024

Mungkin sudah saatnya Ganjar Pranowo berkemas dan meninggalkan PDIP. Pasalnya, kendati elektabilitasnya tinggi, tanpa adanya restu Megawati, tidak mungkin Gubernur Jateng itu diusung oleh partai banteng.

Kirim Komentar