SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Ledakan di Jembatan Krimea Terjadi Usai Putin Rayakan Ulang Tahun ke-70

1147194 720
Pemandangan api di jembatan Kerch saat matahari terbit di Selat Kerch, Krimea, 8 Oktober 2022. REUTERS/Stringer

SEORANG pejabat Ukraina mengolok-olok Presiden Rusia Vladimir Putin atas ledakan yang terjadi pada tangki BBM di atas jembatan di Krimea, sebagai hadiah ulang tahunnya, Sabtu, 8 Oktober 2022.

“Selamat ulang tahun, Tuan Presiden,” demikian narasi video jembatan Krimea terbakar yang diunggah Kepala Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional Ukraina, Oleksiy Danilov, dengan iringan lagu dari Marilyn Monroe.

Putin merayakan ulang tahun ke-70 tahun pada Jumat, 7 Oktober 2022.

Ledakan di jembatan jalan dan rel strategis yang menghubungkan Rusia dan semenanjung Krimea pada hari Sabtu merobohkan bagian jalan yang mengambil lalu lintas dalam satu arah, memicu pesan gembira dari pejabat Ukraina tetapi tidak ada klaim tanggung jawab langsung.

Baca JugaBharada E Tiba di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Jalani Sidang Lanjutan Kasus Pembunuhan Berencana Brigadir J, Ada 12 Orang SaksiMossad Diduga Beroperasi di Malaysia Tangkap Warga Palestina Dituding Anggota Hamas

Rusia merebut Krimea dari Ukraina pada 2014 dan jembatan sepanjang 19 km, yang menghubungkannya dengan jaringan transportasi Rusia dibuka dengan meriah oleh Presiden Putin empat tahun kemudian.

Jembatan itu menjadi rute pasokan penting bagi pasukan Rusia yang telah menguasai sebagian besar wilayah Kherson di selatan Ukraina.

Baca JugaDari Perjalanan Kupang-Alor, Kapal Cantika Express 77 Terbakar Telan Korban 14 Orang Meninggal DuniaJaksa Sesalkan Sikap Ricky Rizal Tidak Selamatkan Brigadir J yang Bakal Ditembak Mati Ferdy Sambo

Komite Anti-Terorisme Nasional Rusia mengatakan di media sosial bahwa ledakan itu terjadi pada pukul 6:07 pagi di sebuah truk barang, dan menyebabkan tujuh gerbong tanker bahan bakar terbakar di sebuah kereta yang menuju semenanjung itu.

Dikatakan dua bagian jembatan jalan sebagian runtuh, tetapi lengkungan yang membentang di Selat Kerch, jalur air yang dilalui kapal antara Laut Hitam dan Laut Azov, tidak rusak.

Sergei Aksyonov, Gubernur Krimea Rusia, mengatakan di media sosial bahwa jembatan jalan masih utuh dalam satu arah, meskipun lalu lintas dihentikan saat kerusakan dinilai.

Baca JugaMenerka Isu Pertemuan Jokowi dan Ganjar Di IstanaBakal Presiden yang Diusung Nasdem, Anies Baswedan: Kita Harus Bekerja Bersama dengan Partai Pengusung

Gambar menunjukkan asap tebal mengepul dari bagian jembatan.

Kementerian Darurat mengatakan api telah padam, demikian dilaporkan kantor berita Rusia Interfax.

Seorang penasihat presiden Ukraina memposting pesan di Twitter yang mengatakan bahwa insiden itu hanyalah “permulaan” tetapi tidak mengatakan bahwa pasukan Ukraina bertanggung jawab atas ledakan itu.

“Semua yang ilegal harus dihancurkan, semua yang dicuri harus dikembalikan ke Ukraina, semua yang diduduki Rusia harus diusir,” tulis Mykhailo Podolyak.

Baca JugaPengakuan Pembuat dan Penyebar Konten Syur Kebaya Merah, Rekam Adegan Pakai HPKemana Ganjar Pranowo di Panggung Forum G20? Tanggapi Pidato Jokowi, RGP2024: Anggota G20 Harus Bersikap Adil

Putin telah menginstruksikan pemerintah membentuk komisi menyelidiki insiden tersebut, kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov seperti dikutip TASS.

Ketua Dewan Negara Republik Krimea, Vladimir Konstantinov, mengatakan bahwa “para pengacau Ukraina berhasil mencapai jembatan Krimea dengan tangan mereka yang berdarah”.

“Mereka sekarang memiliki sesuatu yang bisa dibanggakan,” katanya. “Dalam 23 tahun kegiatan ekonomi mereka, mereka gagal membangun apa pun yang layak mendapat perhatian di Krimea, tetapi (sekarang) mereka telah berhasil merusak jalan raya jembatan Rusia.”

Baca JugaSidang Perdana Bharada E: Permohonan Maaf kepada Keluarga Brigadir J, Ini Isi Lengkap Surat Richard EliezerSelama 8 Tahun Pacaran Yosua Tak Pernah Kasar, Vera Simanjuntak Ungkap Percakapan Terakhir dengan Brigadir J

Konstantinov mengatakan kerusakan itu “tidak parah” dan akan segera diperbaiki. (*)

Kirim Komentar

Ketika Sains Melihat Hantu Kenapa Indonesia Tak Dijadikan Negara Islam Saja? Terungkap Alasan Hepatitis Akut Disebut Misterius