SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Kisah Tragis Keyla Putri Cantika yang Tewas di Tangan Ayah Kandungnya

1667624242 755 1181 e1667701285921
Keyla Putri Cantika saat kelas 1 SD.

SESUAI namanya, Keyla Putri Cantika memang cantik. Mata belok dan senyumnya memesona. Itulah kesan sejumlah netizen melalui unggahan pesan mengomentari wajah bocah usia 11 tahun ini dalam kasus ayah bunuh anak di Depok.

Tak ada yang rela nyawa bocah imut itu direnggut oleh kesadisan orang dewasa. Apalagi oleh orangtuanya. Namun apa mau dikata, itulah yang terjadi pada Kekey, nama panggilan Keyla Putri Cantika.

Pagi itu, Selasa (1/11/2022), Kekey sudah mengenakan seragam sekolah. Jarum jam menunjuk angka di sekitar 05.30 WIB.

Baca JugaTim Investigasi Khusus Kasus Tragedi Halloween Itaewon Geledah 55 Lokasi, Termasuk Kantor Kepala Badan Kepolisian Nasional dan Kepala Badan Kepolisian Metropolitan SeoulNegara Punya Aset Rp 11.454 Triliun Terbengkalai, Sri Mulyani: Suwung Jadi Tempat “Tuyul”

Kekey sudah berbenah hendak berangkat bersama ibunya, Nila Islamia (31). Pada saat yang sama sang ayah, Rizky Noviyandi Achmad (31), pulang dari masjid.

Pertemuan ayah-ibu-anak itu bukannya berlanjut ke adegan cium tangan layaknya anggota keluarga pamit hendak meninggalkan rumah. Sebaliknya, bocah kelas VI SDN Sukamaju Depok ini malah mendapat “sarapan pagi” berupa percekcokan orang tuanya.

Baca JugaAlami Gangguan Mesin Lion Air JT-330 Rute Jakarta-Palembang Putar Balik ke Bandara Soetta, Begini KronologinyaSungai Cimadur Kembali Meluap, Ingatkan Warga Bantaran Waspadai Banjir

Rizky Noviyandi-Nila Islamia adalah pasangan muda yang dikaruniai dua anak. Mereka tinggal di Cluster Pondok Jatijajar RT 003/RW 008, Tapos, Depok, Jawa Barat. Sebuah perumahan kelas menegah.

1667624555 738 900
Keyla Putri Cantika (kiri) bersama keluarga.

Rizky bekerja sebagai pegawai harian lepas di Pemkab Bogor. Nila Islamia pernah bekerja di sebuah gerai pizza ternama.

Baca JugaSurat Dakwaan Tersangka Kasus Pembunuhan Berencana Ferdy Sambo Ungkap Aduan Putri Candrawathi yang Picu Amarah Ferdy SamboMabes Polri Akui Sejumlah Gas Air Mata yang Digunakan Kadaluwarsa di Tragedi Kanjuruhan

Kekey kini berumur 11 tahun. Dengan demikian setidaknya Rizky dan Nila menikah saat berusia sekitar 20 tahunan. Sedangkan anak kedua dari pasangan ini, atau adik Kekey, kini masih berusia 1,5 tahun.

Seperti diungkapkan Kapolres Depok Kombes Pol Imran Edwin Siregar, pertengkaran pasutri Rizky Noviyandi dan Nila Islamia, meledak Selasa (1/11/2022) pagi itu.

Cekcok rumah tangga itu bukan hal asing bagi para tetangga. Mereka sudah beberapa kali mendengar pertengkaran dari rumah dua lantai tersebut.

Baca JugaAdzan Romer Sebut Senjata Api yang Dijatuhkan Ferdy Sambo Bukan Glock 17, Melainkan Jenis HSTerkuak Inisiatif Kuat Ma’ruf Simpan Pisau Sebelum Brigadir J Ditembak Mati

Rizky Noviyandi yang kini ditahan sebagai tersangka di Polres Depok, mengaku, pagi itu ia pergi ke masjid untuk salat subuh.

Sepulang dari masjid, ia menemukan sang istri bersiap-siap hendak pergi. Nila Islamia berencana mengajak serta Kekey yang kala itu sudah berseragam sekolah. Tidak disebutkan apakah anak bungsu yang masih berusia 1,5 tahun, akan diajak juga.

Terjadilah cekcok suami-istri tersebut di depan sang anak. “Saya kesal karena istri selalu bertanya jika saya pulang malam,” ujarnya.

Baca Juga5 Terdakwa Kasus Pembunuhan Berencana Terhadap Brigadir J, Hanya Richard Eliezer Tak Ajukan KeberatanPolisi Temukan Adanya Bungkus Makanan dan Struk Belanja Saat Olah TKP 1 Keluarga Tewas di Kalideres

Sementara Nila Islamia kesal karena sang suami sering pulang larut malam. Pagi itu, Nila mengaku sudah tidak tahan dengan kelakuan Rizky. Ia hendak pergi dari rumah. Puncaknya, Nila minta cerai.

Pernyataan Nila membuat Rizky Noviyandi naik pitam. Tidak seperti biasanya, pria berambut cepak yang belum berselang lama pulang dari masjid itu malah mengambil golok.

“Saya emosi karena istri minta cerai dan mau pergi meninggalkan rumah bersama Kekey. Saya ambil golok dari bawah meja dan saya ayunkan golok ke istri,” ungkap Rizky Noviyandi yang sempat menangis saat memberikan kesaksian di Mapolres Depok, Rabu (2/11/2022) siang.

Baca JugaBegini Alasan Kejagung Hadirkan Keluarga Brigadir J di Sidang Lanjutan dengan Bharada EMoeldoko Sebut Insiden Perempuan Berpistol di Depan Istana Merdeka: Senjata Rakitan, Ada Selongsong, Proyektil Tidak Ada

Entah apa yang ada di batok kepalanya, Rizky juga membacok anak kandungnya, Kekey. “Karena ada di situ, anak saya kena,” aku Rizky.

Kekey menderita luka bacok di kepala dan badan. Kekey meninggal di tempat. Ia terbaring bersimbah darah di lantai satu ruang tengah, masih berseragam sekolah.

Dari luka yang diderita, Kekey diduga bukan terkena sabetan golok tanpa sengaja. Ia sepertinya juga menjadi sasaran gelap mata sang ayahanda. Kekey sudah tiada. Selamanya Kekey tidak akan lagi mendengar pertengkaran ayah bundanya.

Baca JugaJPU Curigai ART Ferdy Sambo Susi Pakai EarphoneDetik-detik Pria Humbang Hasundutan Mutilasi hingga Rebus Istrinya Sendiri, Sempat Tabur Garam ke Panci

Jenazah Kekey dimakamkan hari itu juga di TPU Jatijajar 2, Tapos, Depok. Pemakaman bocah ini tanpa kehadiran orang tuanya. Sang ayah mendekam di Mapolsek Depok. Ibunya terbujur kritis di rumah sakit.

1667625054 755 1181
Rizky Noviyandi Achmad (31), tersangka pembunuh putri kandungnya.

Pada papan nisan tertulis “Keyla Putri Cantika binti Rizky Noviyandi”. Nama Rizky, ayah sekaligus sosok yang membunuh Kekey, turut tercantum di pusara itu.

Baca JugaAyah Yosua Beberkan Kondisi Jasad Brigadir J Saat Pertama Kali Peti Jenazah DibukaSinggung Perintah Irjen Teddy Minahasa untuk Jebak Linda Terkait Kasus Narkoba, Pihak AKBP Doddy Prawiranegara: Sangat Janggal

Orang pun bertanya mengapa Rizky sampai tega membacok orang-orang yang justru seharusnya paling dekat dan paling dicintainya?

Kedekatan Rizky-Nila dan Kekey terlihat dalam unggahan foto-foto mereka di media sosial. Salah satunya adalah saat ulang tahun ke-8 Kekey. Kebersamaan mereka juga terlihat ketika berlibur dengan pemandangan kebun teh.

Unggahan terakhir foto keluarga pada akun instagram Nila adalah pada 3 Mei 2022 lalu saat Lebaran. Kekey berpose bersama mengenakan baju kotak-kotak hitam dan dirangkul sang ayah.

Baca JugaKorban Tragedi Halloween di Itaewon Bertambah Jadi 156 OrangPidato Lengkap Jokowi Berikan Arahan Pejabat Polri hingga Kapolres

Kebersamaan dalam deretan foto keluarga itu tidak menyiratkan adanya persoalan serius dalam rumah tangga. Namun keterangan tersangka Rizky kepada penyidik menyebutkan bahwa ia sering pulang malam.

Menurut Kapolres Depok Kombes Pol Imran Edwin Siregar, Rizky pernah ditangkap dalam kasus narkoba. Malam sebelum kejadian pembunuhan, Rizky mengaku mengonsumsi sabu-sabu bersama rekan-rekannya.

Alasan lain yang dikemukakan Rizky adalah karena sang istri tidak pernah menerima dengan ikhlas nafkah yang ia berikan. Namun tak dijelaskan berapa nafkah yang ia berikan kepada sang istri selaku pegawai lepas Pemkab Bogor.

Baca JugaBerikut Profil 3 Hakim yang Bakal Adili Ferdy SamboPengadilan Negeri Jakarta Selatan Gelar Sidang Putusan Sela Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Kuat Ma’ruf dan Ricky Rizal

Rizky Noviyandi yang diperlihatkan kepada media pada Rabu (2/11/2022) siang juga tidak menjelaskan berapa duit yang ia habiskan untuk mengonsumsi narkoba dan seberapa sering ia pulang larut malam.

Ayah Rizky atau kakek dari Kekey, Adang Jawari mengaku dirinya tidak mengetahui konflik rumah tangga anaknya. “Tetapi kalau sampai kejadian seperti ini, saya sebagai kakeknya sangat terpukul dan sedih sekali. Kekey cucu kesayangan saya,” tutur Adang.

Meski pelaku pembunuhan adalah anaknya sendiri, Adang meminta kepolisian menyelesaikan kasus ini sesuai undang-undang yang berlaku.

Baca JugaAngkatan Laut AS Temukan 70 Ton Komponen Bahan Bakar Rudal Tersembunyi di Kantong Pupuk dari IranSemeru Alami Erupsi Berpotensi Awan Panas dan Aliran Lahar hingga Jarak 17 km dari Puncak

Rizky mengaku, setelah membacok istri dan putri sulungnya ia keluar rumah bersama anak bungsunya yang masih 1,5 tahun. Rizky kemudian menghubungi ketua RT serta tetangga.

“Saya bawa keluar anak, dan di situ warga menenangkan serta menelepon polisi,” katanya.

Rizky terancam hukuman 15 tahun penjara. Tersangka dijerat Pasal 338 KUHP tentang pembunuhan dan Pasal 44 Ayat 2 dan 3, UU Nomor 23 Tahun 2004 tentang Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT). (*)

Kirim Komentar