SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Kim Chue-ae Putri Kim Jong Un Muncul di Depan Umum

untuk pertama kali kim jong un tampil bersama putrinya di depan publik koqlIGzcAc
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan putrinya Kim Chu-ae saat mengawasi peluncuran rudal balistik dalam foto yang dirilis pada 19 November 2022. (Foto: KCNA via Reuters)

PEMIMPIN Korea Utara Kim Jong-un muncul bersama putri kecilnya di depan umum untuk pertama kalinya, mengonfirmasi laporan yang telah lama beredar tentang keberadaan gadis remaja itu.

Gadis itu, yang diyakini bernama Kim Chu-ae, bergabung dengan Kim Jong-un dalam pemeriksaan peluncuran rudal balistik antarbenua terbesar di Korea Utara pada Jumat, (18/11/2022). Keduanya berdiri bergandengan tangan selama uji coba rudal tersebut.

Kim Jong-un memimpin salah satu negara paling rahasia di dunia, dan sangat sedikit yang diketahui tentang kehidupan pribadinya.

Baca JugaSaat Lockdown, Kebakaran di Xinjiang China Tewaskan 10 OrangSkenario Urip Saputra ‘Meninggal Dunia Hidup Lagi’ di Bogor, Ternyata Hindari Utang

Beberapa foto diterbitkan oleh kantor berita negara Korea Utara KCNA, menunjukkan keduanya berpegangan tangan saat mereka mengobrol, berbicara dengan pejabat, memeriksa rudal, dan menyaksikan peluncuran dari dek observasi.

Penampilan publik Chu-ae sangat penting, kata Michael Madden, pakar Korea Utara dari Stimson Center di Washington.

Baca JugaJokowi: ASEAN Tidak Jadi Proxy Siapapun, Menjaga Hukum InternasionalElon Musk Pulihkan Akun Twitternya, Donald Trump: Tidak Tertarik

Kim Jong-un – generasi ketiga dalam keluarganya yang memimpin Korea Utara – menunjukkan kepada elit di negaranya bahwa dia masih memiliki cengkeraman kuat pada kekuasaan, kata Madden kepada BBC.

Dia mengatakan itu bisa menjadi cara Kim untuk menunjukkan “bahwa penerus kekuasaan generasi keempat akan datang melalui garis (darah) saya”.

Itu muncul setelah laporan bahwa “ada semacam konflik antara (Kim Jong-un) dan kelompok elit lainnya pada 2021”, jelas Madden.

Baca JugaRusia Bantah Menlu Sergei Lavrov Dilarikan ke Rumah Sakit karena Penyakit JantungElon Musk Pulihkan Akun Twitternya, Donald Trump: Tidak Tertarik

“Jika Anda menantang saya, Anda akan jatuh,” adalah pesan dari Kim, katanya.

Madden mengatakan dia yakin Chu-ae berusia antara 12 dan 13 tahun, yang berarti bahwa dalam waktu sekitar empat sampai lima tahun dia akan bersiap untuk masuk universitas atau dinas militer.

Pada September, beberapa pakar Korea Utara melaporkan bahwa Chu-ae ditampilkan dalam sebuah video di perayaan Hari Nasional negara tersebut.

Baca JugaKorban Cianjur Bertambah Jadi 310 Orang Meninggal Dunia, 24 HilangBeredar Video Pembunuhan Brutal Eksekusi Tawanan, Rusia Tuding Kyiv Lakukan Kejahatan Perang

Tapi ini spekulasi, dan pimpinan Korea Utara tidak mengkonfirmasi bahwa itu memang putri Kim Jong-un.

Keberadaan Chu-ae pertama kali disebutkan pada 2013, setelah pensiunan bintang bola basket Amerika Dennis Rodman melakukan perjalanan kontroversial ke Korea Utara.

Rodman mengatakan dia telah menghabiskan waktu bersama keluarga Kim, bersantai di tepi laut dan telah “menggendong bayi mereka Chu-ae”.

Baca JugaKapolri Perintahkan Segera Tangkap Mantan Satintelkam Polres Samarinda Ismail BolongHasil Penyelidikan Sementara Polisi Tak Menemukan Dugaan Keluarga Tewas di Kalideres karena Kelaparan

Para ahli percaya bahwa Tuan Kim mungkin memiliki tiga anak – dua perempuan dan satu laki-laki, dengan Chu-ae sebagai yang tertua.

Tetapi sang pemimpin sangat tertutup tentang keluarganya – bahkan istrinya Ri Sol-ju dirahasiakan sampai beberapa saat setelah pasangan itu menikah. (*)

Kirim Komentar

Ketika Sains Melihat Hantu Kenapa Indonesia Tak Dijadikan Negara Islam Saja? Terungkap Alasan Hepatitis Akut Disebut Misterius