SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra, WNI Pertama dengan Titel Commander of the Order of British Empire Kini Tutup Usia

Gelar dari Ratu Elizabeth
Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Martin Hatfull (kiri), memberikan penghargaan kepada Rektor UIN Syarif Hidayatullah Profesor Azyumardi Azra (kedua dari kiri), dalam acara penganugerahan Gelar Kehormatan Commander of the Order of the British Empire (CBE), Selasa (28/9/2010), di Kediaman Dubes Inggris, Jalan Teuku Umar Jakarta Pusat. Gelar Kehormatan CBE, yang merupakan pemberian gelar langsung dari Ratu Inggris, diberikan kepada Azyumardi atas dedikasinya dalam memajukan pemahaman antar beragama selama bertahun-tahun.

KETUA Dewan Pers Azyumardi Azra meninggal dunia setelah sebelumnya menjalani perawatan di rumah sakit di Selangor, Malaysia. Berikut profil Azyumardi Azra.

Diketahui kabar Azyumardi meninggal dunia ii dibenarkan oleh Ketua Komisi Penelitian, Pendataan dan Ratifikasi Dewan Pers, Ninik Rahayu. Dia mengatakan saat ini pihak kedutaan tengah mengurus jenazah Azyumardi Azra.

“Benar. Saya konfirmasi ke istri beliau yang berada di sana. Sekarang jenazahnya sedang diurus kedutaan,” kata Ketua Komisi Penelitian, Pendataan dan Ratifikasi Dewan Pers, Ninik Rahayu, Minggu (18/9/2022).

Baca JugaJokowi Belasungkawa Atas Tragedi Hallowen di Itaewon: Indonesia Mourns with The People of South KoreaTerkuak Inisiatif Kuat Ma’ruf Simpan Pisau Sebelum Brigadir J Ditembak Mati

Azyumardi Azra sebelumnya dinyatakan positif COVID-19 dan dilakukan perawatan secara intensif. Hal ini dibenarkan oleh Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Kuala Lumpur Yoshi Iskandar.

Azyumardi Azra diketahui terpilih sebagai Ketua Dewan Pers Priode 2022-2025 menggantikan Mohammad Nur. Prof Dr H Azyumardi Azra, M.Phil, MA, CBE dikenal luas sebagai cendekiawan muslim.

Baca JugaPartai Demokrat Respons Pernyataan Anies Baswedan yang Siap Maju Capres di Pilpres 2024Jaksa Sempat Kaget Tim Kuasa Hukum Ferdy Sambo-Putri Candrawathi Ajukan Nota Keberatan di Hari yang Sama Saat Dakwaan Dibacakan

Dilansir detikEdu, pada tahun 2010, Azyumardi Azra memperoleh titel Commander of the Order of British Empire (CBE). Titel ini merupakan sebuah gelar kehormatan dari Kerajaan Inggris dan menjadi ‘Sir’ pertama dari Indonesia.

Gelar CBE diberikan Kerajaan Inggris kepada individu untuk menghargai kontribusi positif yang telah dilakukan di bidang pekerjaan mereka. Dengan gelar ini, Azyumardi Azra dianggap telah diakui sebagai anggota keluarga bangsawan Inggris.

Azyumardi Azra juga diketahui merupakan mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah pada tahun 1998 sampai 2006. (*)

Kirim Komentar

Ketika Sains Melihat Hantu Kenapa Indonesia Tak Dijadikan Negara Islam Saja? Terungkap Alasan Hepatitis Akut Disebut Misterius