SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Kenang Azyumardi Azra yang Beruntung Dapat Gelar Commander of the Order of British Empire dari Ratu Elizabeth II

azyumardi azra dan martin hartfull
Azyumardi Azra terima Gelar Commander of the Order of the British Empire (CBE)

SEMBILAN hari lalu Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra mengenang sebagai seseorang yang beruntung sempat mendapatkan gelar ‘Commander of the Order of British Empire (CBE)’ dari Ratu Elizabeth II pada tahun 2010 lalu. Ia pun menyampaikan dukacita atas wafatnya sang Ratu Inggris tersebut.

“RIP (Rest in Peace) Ratu Elizabeth II, saya beruntung dapat SK Ratu untuk penganugerahan gelar CBE pada 2010,” kata Azra dalam keterangannya, Jumat (9/9).

Gelar CBE diberikan oleh Kerajaan Inggris kepada individu untuk menghargai kontribusi positif yang telah dilakukan di bidang pekerjaan mereka.

Baca JugaAkun Twitter TNI AD Bantah Diretas, Begini Penjelasan DispenadBocorkan Rahasia Negara, Mantan Reporter Pertahanan Rusia Dipenjara 22 Tahun

Artinya, Azra telah diakui sebagai anggota keluarga bangsawan Inggris. Azra berhak memakai gelar ‘Sir’ di depan namanya hingga bebas keluar-masuk Inggris tanpa visa. Azra juga sebagai individu pemegang gelar ‘Sir’ pertama di Indonesia.

Tak itu, Azra juga bercerita sempat mendampingi kunjungan Pangeran Charles, yang kini menjadi Raja Charles III, ketika berkunjung ke Jakarta tahun 2008. Kala itu, Charles mengunjungi Masjid Istiqlal.

Baca JugaAipda Rudi Suyanto Terancam Dipecat Tidak Hormat, Berikut Kronologi Kanit Provost Tembak Bhabinkamtibmas Polsek Way PengubuanPuan Maharani Terlihat Cemberut Saat Bagikan Kaus? Begini Jawaban PDI Perjuangan

Ia berkisah kala itu Charles heran melihat muslimah dapat berada di dalam masjid.

“Not in my country, kata Charles,” kata Azra mengikuti pernyataan Charles.

Setelah dari Istiqlal, Azra mengatakan Charles sempat meninjau hutan di Provinsi Jambi dalam kunjungannya ke Indonesia. Ia berkisah Charles juga sempat bertanya bagaimana cara mengaktualisasikan ‘ajaran Islam yang indah’ dalam penyelamatan alam lingkungan, termasuk hutan.

Baca JugaSkenario Urip Saputra ‘Meninggal Dunia Hidup Lagi’ di Bogor, Ternyata Hindari UtangKapolri: Bharada E Melihat Jasad Brigadi J Sudah Terkapar Bersimbah Darah di Hadapan Ferdy Sambo

Diberitakan, Istana Buckingham Inggris pada Kamis (8/9) sore waktu setempat mengumumkan wafatnya Ratu Elizabeth II. Pangeran Charles kini menjadi Raja Charles III. (*)

Kirim Komentar