SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Kapolda Jawa Timur Copot 9 Komandan Batalyon-Komandan Kompi hingga Komanda Pleton Brimob Polda Jatim

IMG 20220106 130856 2
Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta. (instagram @humaspoldajatim)

KAPOLDA Jawa Timur, Irjen Pol Nico Afinta, mencopot 9 komandan batalyon, komandan kompi, hingga komandan pleton Brimob Polda Jatim, buntut tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, pencopotan itu sesuai dengan perintah Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

“Kemudian sesuai dengan perintah Bapak Kapolri. Kapolda Jatim, juga sama melakukan penonaktifan jabatan Danyon, Danki dan Danton Brimob sebanyak 9 orang,” ujar Dedi di Mapolres Malang, Senin (3/10).

Baca Juga7 dari 11 Tembakan Gas Air Mata di Stadion Kanjuruhan Mengarah ke Tribun Selatan Pintu Gerbang 135 Figur Publik Diduga Terlibat Kasus Dugaan Penipuan dan Penggelapan Robot Trading Net89, Siapa Saja Mereka?

Berikut nama-nama Danyon, Danki, serta Danton Brimob Polda Jatim yang dicopot;

Komantan Batalyon (Danyon)

  • AKBP Agus Waluyo

Komandan Kompi (Danki)

  • AKP Hasdarman
  • AKP Untung

Komandan Peleton (Danton)

  • AKP Nanang
  • AKP Danang
  • Aiptu M Solihin
  • Aiptu M Samsul
  • Aiptu Ari Dwiyanto
  • Aiptu Budi

Dedi juga sebelumnya mengatakan, para perwira yang bertanggung jawab dalam pengamanan di Stadion Kanjuruhan pada malam terjadinya tragedi juga bakal diperiksa.

Baca JugaMantan Perdana Menteri Pakistan Ditembak Saat Demonstrasi, Kena Kaki Imran KhanPolri Terbitkan Surat Telegram Larangan Razia Apotek Terkait Obat Sirup yang Diduga Timbulkan Gangguan Gagal Ginjal Akut

“Kemudian juga saat ini mendalami masalah manager pengamanan, dari mulai perwira hingga pamen (perwira menengah) sedang didalami,” terang dia.

Duel antara Arema FC vs Persebaya pada pekan ke-11 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10), berakhir ricuh. Aparat menembakkan gas air mata ke kerumunan suporter usai situasi tidak kondusif.

Akibatnya fatal, banyak suporter tewas karena sesak napas hingga terinjak saat akan keluar dari stadion karena panik.

Baca JugaPenjelasan Kasetpres Soal Viral Video Jokowi Terlewat Bersalaman dengan KapolriKubah Jakarta Islamic Centre Terbakar

Hingga saat ini Polri mencatat ada 455 orang yang menjadi korban dalam kejadian tersebut. Dengan rincian, 125 tewas, 21 luka berat, dan 304 luka ringan. (*)

Kirim Komentar

Ketika Sains Melihat Hantu Kenapa Indonesia Tak Dijadikan Negara Islam Saja? Terungkap Alasan Hepatitis Akut Disebut Misterius