SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Hakim Sempat Tegur ART Ferdy Sambo Gegara Susi Sering Jawab Lupa dan Tidak Tahu

Jepretan Layar 2022 10 31 pukul 13.26.33 11zon
Asisten rumah tangga keluarga Ferdy Sambo, Susi saat bersaksi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (31/10/2022) (Tangkapan layar KompasTV)

HAKIM sempat menegur asisten rumah tangga (ART) Ferdy Sambo, Susi, yang menjadi saksi kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir N Yosua Hutabarat. Hakim menegur Susi gara-gara sering menjawab lupa dan tidak tahu.

Hakim awalnya bertanya kepada Susi soal sejak kapan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, pindah dari rumah di Jalan Bangka ke Jalan Saguling, Jakarta Selatan. Susi juga ditanya kenapa Putri pindah rumah dan dijawab tidak tahu.

“Kenapa Putri pindah?” tanya hakim ke Susi yang menjadi saksi untuk terdakwa Bharada Richard Eliezer di PN Jaksel, Senin (31/10/2022).

Baca JugaPihak Provider Ungkap Permintaan Data Panggilan Sejumlah Nomor Ponsel dari Polisi, Ada Milik ART SusiSejumlah Fakta Ferry Mursyidan Baldan Ditemukan Meninggal Dunia di Basement Bidakara

“Saya tidak tahu itu,” ujar Susi.

“Tidak tahu apa tidak mau tahu?” ujar hakim lagi.

“Tidak tahu,” jawab Susi.

Hakim lalu bertanya apakah Sambo juga ikut pindah ke Saguling atau tetap di Jalan Bangka. Menurut Susi, Sambo juga ikut pindah ke Jalan Saguling.

“Yang ini jawabnya cepat saudara, yang tadi lupa. Saudara disumpah lho. Apakah FS pindah ke Saguling?” ujar hakim.

Baca JugaPemerintah Harus Tegaskan Pancasila sebagai Dasar Negara, Bukan Pilar yang Disosialisasikan MPRCerita Teman Korban, Mahasiswa Baru Fisipol UGM yang Bunuh Diri Diduga Menderita Bipolar

“Ikut,” jawab Susi.

Hakim lalu bertanya sejak kapan Yosua menjadi ajudan Sambo lalu pindah menjadi ajudan Putri. Menurut Susi, Yosua telah menjadi ajudan Sambo sejak 2021 dan bertugas sebagai ajudan Putri sejak istri Sambo itu pindah ke Saguling.

“Sejak kapan Yosua jadi ajudan Putri?” tanya hakim

“Sejak pindah ke rumah Saguling,” jawab Susi.

Susi menyebutkan Putri pindah ke rumah di Jalan Saguling setelah Lebaran 2021. Hakim lalu bertanya soal kapan ajudan Sambo lainnya, termasuk Eliezer.

“Om Romer, sama Om Yogi, sama Om Richard, Om Sadam baru masuk 2022,” ujarnya.

Baca JugaKasus Bak Puzzle Belum Ada Kesimpulan, Misteri Penghuni Rumah KalideresHakim Cecar Kompol Aditya Cahya Sumonang, Siapa Sumber Isu CCTV Kompleks Ferdy Sambo Tersambar Petir

Haki kemudian bertanya apakah para ajudan Sambo dan Putri sering berkumpul bersama. Susi mengaku tak tahu. Setelah itu hakim lanjut ke pertanyaan lain.

“Selama saudara tinggal di Bangka sama Putri Candrawathi sama Sambo apakah semua ajudan tinggal di Bangka?” tanya hakim.

“Saya tidak tahu yang mulia,” jawab Susi.

“Terus apa yang kamu tahu?” tanya hakim lagi.

Susi tak menjawab pertanyaan itu. Hakim kembali bertanya hal yang sama dan Susi tetap diam.

Baca JugaXi Jinping Tertangkap Kamera Tegur Justin Trudeau, Ada Apa Beijing-Kanada Ribut-ribut di KTT G20?Penyuap Hakim Agung, Yosep Parera: Mau Tidak Mau, Semua Masyarakat Pasti Mengeluarkan Dana untuk Mencapai Keadilan

“Kamu mikir, kalau kamu mikir itu bohong,” ucap hakim.

“Kan saya masak, nggak ngurusin omnya,” ujar Susi.

“Apakah rumah sebesar itu sampai saudara tidak mengenali mereka? Jangan beralasan saudara di dalam dapur terus,” ujar hakim.

Hakim kemudian bertanya ada berapa banyak ART di rumah Sambo. Menurut Susi, ada ART lain bernama Jiah, Somad dan Damson.

“Somad, Damson kan luar, masa kamu nggak bisa lihat ajudan? Apa saudara disuruh bilang tidak tahu?” tanya hakim.

Baca JugaDinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur: 131 Korban Meninggal Dunia dalam Tragedi KanjuruhanSidang Perdana Brigjen Hendra Kurniawan, Begini Awal Mula Mantan Karo Paminal Polri Ini Dengar Skenario Ferdy Sambo

“Tidak,” ujar Susi. (*)

Kirim Komentar