SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Ganjar Pranowo Diberi Sanksi, Pengamat: Megawati Soekarnoputri Sangat Memperhatikan Sepak Terjangnya dan Tidak Serta Merta PDI Perjuangan Bakal Usung Puan Maharani

penutupan rakernas ii pdi perjuangan 169
Kader PDIP Ganjar Pranowo (kedua kiri) memberikan naskah rekomendasi eksternal kepada Ketum Megawati Soekarnoputri (kedua kanan) disaksikan Ketua DPP Puan Maharani (kanan) dan Prananda Prabowo (kiri) saat Rakernas di Sekolah Partai, Jakarta, Rabu (23/6/2022). (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT

GUBERNUR Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mendapatkan sanksi teguran lisan dari partainya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), atas pernyataan kesiapannya maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Indonesian Political Watch, Bondhan W menyebut sanksi itu merupakan isyarat bahwa pergerakan Ganjar dimonitor oleh PDI Perjuangan. “Menandakan Megawati Soekarnoputri sangat memperhatikan sepak terjang Ganjar Pranowo dalam hal apapun,” kata dia pada Rabu, 26 Oktober 2022.

Dia justru menyambut positif pemanggilan Ganjar Pranowo ke kantor DPP PDIP tersebut. “Itu sangat bagus. Artinya kader potensial Ganjar Pranowo yang menduduki survei pilihan rakyat selalu tiga besar di antara kader separtai atau partai lainya dan layak menjadi penerus Jokowi,” tuturnya.

Baca JugaPolisi Ungkap 3 dari 4 korban Meninggal Dunia Berusia SepuhDuduk Perkara Cabut Label ‘Tim Aksi Kasih Gereja Reformed Injili Indonesia’ di Tenda Bantuan Cianjur

Bondhan memaklumi aturan di partai bergambar banteng tersebut. “Walaupun semua keputusan pencapresan presiden Partai PDI Perjuangan itu hak prerogatif ketua umum,” kata dia.

Dia mengatakan, teguran lisan dari PDI Perjuangan kepada Ganjar Pranowo merupakan bentuk penegakan disiplin di internal partai tersebut. Walaupun sanksi itu diberikan kepada Ganjar Pranowo bukan lantaran melanggar aturan partai tetapi pernyataannya disebut menimbulkan multitafsir.

Baca JugaPria Berompi Hitam, Dua Unit Gas Melon, Alat Penyembur Api Diamankan Usai Kebakaran Gedung Bappelitbang Kota BandungUsai Kasus KDRT Sepi Order, Leslar Entertainment Akhirnya Bubar

Ganjar Pranowo terikat kuat dengan PDI Perjuangan. Adapun respons Ganjar Pranowo yang menyatakan taat, menurut Bondhan, merupakan tanda bahwa ia tetap tegak lurus terhadap arahan partai.pemberian sanksi kepada Ganjar Pranowo tidak bisa serta-merta diartikan bahwa PDI Perjuangan bakal mengusung Puan Maharani. Dia menyebut saat ini internal partai pun masih dalam proses lobi-lobi politik.

Dia mengatakan sanksi kepada Ganjar bisa jadi merupakan bagian dari langkah partai menentukan secara pasti siapa kandidat terkuat yang bisa dijagokan di Pilpres 2024. Sebab, kata dia, keputusan menghukum Ganjar mau tidak mau bakal mempengaruhi internal PDI Perjuangan dan lobi politik dengan partai lain.

“Dengan dijatuhkannya sanksi tersebut, saya tidak merasa bahwa pendulum politik PDI Perjuangan lantas pasti mengarah ke Puan. Semua ini masih dalam proses lobi-lobi politik,” kata dia.

Baca JugaMampukah Gerakan Pendukung ‘Radikal’ Ganjar Pranowo Tembus Pilpres 2024?Usai Salat Magrib, Bokir Napi Narkoba Lapas Cipinang Kabur

Bondhan menjelaskan, pasca PDI Perjuangan memberi sanksi kepada Ganjar Pranowo, situasi politik bakal diuji. Menurut dia, pendulum politik PDI Perjuangan bakal mulai berayun sebelum pada akhirnya berhenti ke kandidat Capres yang direstui Megawati Soekarnoputri selaku ketua umum.

“Pada tahap ini, situasi politik akan diuji, yakni bagaimana pendulum akan mengayun, termasuk apakah Ganjar menguat posisinya sebagai calon dalam lobi-lobi politik itu atau tidak,” ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, mengatakan pernyataan Ganjar Pranowo soal kesiapannya jadi calon presiden melanggar instruksi Ketua Umum Megawati Soekarnoputri Nomor 4503/Internal/DPP/X/2022. Hasto menjelaskan, instruksi ini mengatur soal komunikasi politik.

Baca JugaHasil Otopsi 4 Orang 1 Keluarga Meninggal Dunia Diduga Tidak Makan dan Minum Cukup LamaKebakaran Besar Terjadi di Dekat Lokasi Pertandingan Argentina vs Meksiko Piala Dunia 2022 Qatar

Politikus senior PDI Perjuangan Andreas Hugo Pareira, memaparkan isi instruksi Megawati Soekarnoputri yang diterbitkan pada 7 Oktober 2022 lalu. Dalam instruksi ini, kata dia, Megawati menegaskan bahwa di tengah situasi pandemi yang belum mereda, kader partai mesti berfokus gotong-royong membantu rakyat.

Selanjutnya, kata Hugo, untuk menghadapi Pemilu 2024, partai menegaskan pada seluruh kader untuk hadir dengan watak kerakyatan di tengah masyarakat. Megawati turut meminta kader waspada dan tidak takabur dengan berbagai hasil survei yang menempatkan PDI Perjuangan pada elektabilitas tertinggi sebesar 25 persen. (*)

 

Kirim Komentar

Ketika Sains Melihat Hantu Kenapa Indonesia Tak Dijadikan Negara Islam Saja? Terungkap Alasan Hepatitis Akut Disebut Misterius