SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Dubes Rusia untuk Indonesia Sebut Kehadiran Valdimir Putin pada KTT G20 di Bali Ditentukan Situasi Geopolitik

duta besar rusia untuk indonesia lyudmila vorobieva puji indonesia tidak tunduk tekanan barat 124943
Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva. (Dok Kedubes Rusia)

KEPASTIAN kehadiran Presiden Rusia Vladimir Putin pada KTT G20 di Bali ternyata masih samar. Sebelumnya Putin dikabarkan terkonfirmasi datang di pertemuan pada 15-16 November 2022 itu.

Dubes Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva menyebut, Moskow belum membuat pernyataan resmi mengenai konfirmasi kehadiran Presiden Vladimir Putin. Namun ia memastikan Rusia akan tetap berpartisipasi di G20.

“Jika Presiden tidak bisa datang, maka pasti akan ada representasi dari Rusia. Bisa jadi itu Menteri Luar Negeri Rusia dan high-profile lainnya,” kata Vorobieva dalam press briefing di kediaman Duta Besar Rusia untuk Indonesia pada Rabu (12/10).

Baca JugaAjudan Ferdy Sambo Sebut Ponsel hingga Barang Brigadir J Diserahkan ke Penyidik dan Propam di Polda Jambi, Seminggu Usai Yosua TewasKamaruddin Simanjuntak Ungkap Isi Pembicaraan Saat Bharada E Sungkem ke Ortu Brigadir J

Lebih lanjut, Vorobieva mengakui akomodasi untuk menunjang kunjungan Presiden Putin telah disiapkan. Kehadirannya kini akan sangat ditentukan terhadap kondisi geopolitik.

“Hotel sudah ada, kami sudah melihatnya, namun semua itu belum tentu presiden kami akan datang. Semua tergantung dari situasi geopolitik saat ini.” tuturnya.

Baca JugaMasalah Berat Perang Rusia-Ukraina Tidak Terpecahkan di KTT G20 BaliBerikut Nama-nama 131 Korban Tewas dalam Tragedi Kanjuruhan

Faktor geopolitik memainkan peran yang fundamental dalam kepastian kehadiran Putin. Mengingat beberapa saat yang lalu Rusia meluncurkan serangan kepada Ukraina sebagai respons hancurnya Jembatan Kerch di Krimea.

Kendati kedatangan Putin belum dipastikan, Vorobieva menyambut baik usaha Indonesia dalam penyelenggaraan KTT G20.

“Yang pasti kami menghargai usaha Indonesia untuk mengadakan kegiatan ini. Kami sangat berharap presiden bisa datang, tapi kondisi masih belum pasti.” katanya.

Baca JugaPolisi Hentikan Konser Musik Group Boyband NCT127 di ICE BSD, Ini PenjelasannyaBerikut Penjelasan Kerabat Korban 1 Keluarga 4 Orang Tewas di Perumahan Citra Garden Satu Extension

Sebelumnya kabar kepastian kehadiran Putin disampaikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Agustus lalu. Jokowi menyebut, Presiden China Xi Jinping juga pasti hadir langsung di Bali,.

“Xi Jinping akan datang. Presiden Putin juga telah mengatakan kepada saya dia bakal datang,” kata Jokowi dikutip dari Reuters, Kamis (18/8). (*)

Kirim Komentar

Ketika Sains Melihat Hantu Kenapa Indonesia Tak Dijadikan Negara Islam Saja? Terungkap Alasan Hepatitis Akut Disebut Misterius