SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Data Anak Perusahaan Pertamina Diduga Bocor, Ada Nama Baru Desorden

1577580301
Setelah hacker Bjorka, kembali muncul Desorden meretas data Jasa Marga (Tangkapan Layar Breached Forum Desorden)

DUGAAN kebocoran data kembali melanda Indonesia. Kali ini, menimpa Pertamina yang diduga mengalami insiden tersebut.

Pihak yang membocorkan kali ini bukanlah Bjorka, sosok yang sempat menghebohkan publik dengan membeberkan sejumlah data pribadi pejabat publik dan instansi pemerintah. Namun akun breached.to itu bernama Desorden.

Dalam unggahannya akun itu bertanggung jawab atas pelanggaran data yang ada di PT Sigma Cipta Utama. Perusahaan itu disebut bertanggung jawab atas manajemen data di Elnusa Group, anak perusahaan Pertamina.

Baca JugaMedia Ukraina Kabarkan Rusia Goyah, Begini Bantahan Presiden Republik Rakyat DonetskKasus Narkoba Irjen Teddy Minahasa, Hotman Paris Hutapea Sebut Ada Konspirasi AKBP Doddy-Linda

“Kami bertanggung jawab atas peretasan dan pelanggaran data PT Sigma Cipta Utama, satu-satunya anak perusahaan yang bertanggung jawab pada Manajemen Data di Elnusa Group, anak perusahaan Pertamina Indonesia, sebuah perusahaan milik negara pemerintah Indonesia,” tulis akun itu, dikutip Senin (19/9/2022).

Desorden menuliskan pelanggaran data ini mencakup basis data 1,6 GB dan kode sumber. Akun itu juga meninggalkan nomor kontaknya untuk informasi terkait data-data tersebut.

Baca JugaBharada E Sempat Melihat ART Ferdy Sambo-Putri Candrawathi: Susi Menangis di Magelang Unggah Foto Bertuliskan ‘Cukup Tahu Aja’Rombongan Mentan Syahrul Yasin Limpo Alami Kecelakaan Beruntun Saat di Tol Jombang

Desorden juga menyinggung soal Bjorka dalam unggahan tersebut. Dia hanya mengatakan ada media Indonesia yang menyatakan akun itu bekerja dengan Bjorka dalam peretasan tersebut. Ini dibantah oleh Desorden.

Ini jadi kebocoran data kesekian kalinya dalam sebulan terakhir. Beberapa perusahaan dan instansi yang diduga juga mengalami kebocoran data.

Surat-surat yang ditujukkan untuk presiden RI juga diduga bocor. Selain itu data pribadi pejabat publik seperti Menteri Kominfo Johnny Plate diduga juga mengalami hal yang sama.

Baca JugaPolisi: Ada 2 Tersangka Baru Oknum TNI Diduga Ikut Terlibat dalam Kasus Mutilasi di MimikaGanjar Pranowo Nyapres dan Skenario Politik Dua Kaki PDIP dari Kacamata RGP2024

Banyaknya kebocoran data ini juga membuat pemerintah membentuk satgas. Tim ini terdiri atas Kementerian Kominfo, Polri, BSSN, dan BIN. (*)

Kirim Komentar