SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Bokir Napi Narkoba Kabur 3 Hari dari Lapas Cipinang Berhasil Ditangkap

1153400 720
Terpidana 14 tahun penjara Aditya Egatifyan (25) ditangkap kembali setelah kabur dari Lapas Kelas I Cipinang Jakarta Timur, Selasa 1 November 2022. FOTO: dokumentasi Humas Kemenkumham

KABAR menghebohkan datang dari Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas Cipinang. Pasalnya, salah satu tahanan sekaligus bandar narkoba bernama Aditya Egatifyan alias Bokir berhasil kabur pada Sabtu sore, 29 Oktober 2022.

Sampai saat ini, pihak berwenang belum memberikan kepastian terkait cara Bokir dalam melarikan diri dari Lapas Cipinang. Namun, Kepala Lapas Cipinang, Tony Nainggolan menyampaikan bahwa kemungkinan Bokri kabur melalui atas.

“Masih dalam pendalaman. Dugaan sementara dengan memanjat atap tempat pelatihan kuliner dan memanjat pagar ornamesh dengan alat bantu sarung,” ujar Tony kepada Antara pada Rabu, 30 Oktober 2022. Ia tercatat telah melakukan kejahatan tindak pidana penyalahgunaan narkotika yang dijerat pasal 114 UU RI No 35 tahun 2009

Baca JugaKamaruddin Simanjuntak Ungkap Isi Pembicaraan Saat Bharada E Sungkem ke Ortu Brigadir JHadiri Perayaan HUT ke-8 Partai Perindo, Jokowi Ingatkan Para Ketua Umum Partai Politik Berhati-hati Tentukan Capresnya

Berdasarkan keterangan Tony Nainggolan, Bokir ditahan di Lapas Cipinang akibat kasus narkoba dan sedang menjalani masa tahanan selama 14 tahun.

Kemudian, Bokir diketahui melarikan diri, petugas Lapas Cipinang langsung menyebarkan informasi dan ciri-diri fisik Bokir. Beberapa di antaranya adalah Bokir memiliki tinggi 175 sentimeter, bertato di bagian lengan kiri, dan berusia 25 tahun.

Baca JugaRusia: Wartawan Barat Harus Lebih Jujur, Mereka Harus Menulis KebenaranISESS: Nama-nama dalam Konsorsium 303 Hingga Kini Belum Diklarifikasi Pihak Kepolisian, Hanya Berikan Pernyataan 3 Kapolda Tidak Terkait

Selama proses pencarian, tim gabungan dari Kemenkumham dan Polres Jakarta Timur bekerja sama untuk memburu Bokir.

Kerja sama ini pun turut dibenarkan oleh Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan. “Sudah ada permintaan dari Kalapas Pak Nainggolan meminta kepolisian untuk mencari,” kata Zulpan kepada Antara pada 31 Oktober 2022.

Selain itu, Zulpan turut mengimbau agar Bokir segera menyerahkan diri. “Kami mengimbau yang bersangkutan bisa menyadari kekeliruannya dan menyerahkan diri ke kepolisian itu lebih mempermudah, daripada nanti kami tetap buru,” ujar Zulpan menambahkan.

Baca JugaInilah Wajah 12 Orang Pelaku Pembantaian 4 Pekerja Proyek Jalan Trans Bintuni-MaybratSidang Perdana Bharada E: Permohonan Maaf kepada Keluarga Brigadir J, Ini Isi Lengkap Surat Richard Eliezer

Aditya Egatifyan alias Bokir Berhasil Ditangkap Selasa Dini Hari

Setelah tiga hari sejak Sabtu sore, 29 Oktober 2022, Adity Egatifyan alias Bokir akhirnya berhasil ditangkap oleh aparat gabungan pada Selasa dini hari, 1 November 2022.

Kabar penangkapan Bokir tersebut dibenarkan oleh Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham, Rika Aprianti. “Benar sudah ditangkap tadi Selasa dini hari,” kata Rika, Selasa, 1 November 2022.

Rika menyebut bahwa Bokir pasti akan diperiksa oleh pihak berwajib, yang paling pertama oleh pihak Lapas. “Pasti akan diperiksa. Yang pertama oleh pihak Lapas,” kata Rika, menambahkan.

Baca JugaImbas Tragedi Kanjuruhan Pos Polantas di Makassar Dilempar Bom MolotovPemicu Penangkapan Pangeran Abdullah bin Faisal Al Saud oleh Arab Saudi

Sementara itu, Kepala Lapas Cipinang, Tonny, menyebut bahwa bandar sekaligus napi narkoba Aditya Egatifyan alias Bokir akan ditempatkan di sel isolasi terlebih dahulu usai diperiksa oleh Pihak Polsek Cibinong. “Kami tempatkan di sel isolasi,” kata Tonny.

Tonny Nainggolan mengatakan Aditya Egatifyan mengaku kepada bibinya kalau ia sudah bebas. “Makanya sempat kaget keluarganya saat kita ambil (tangkap) AE kembali. AE ditangkap tim gabungan pada Senin, 31 Oktober, malam sekitar pukul pukul 22.10 WIB,” katanya. (*)

 

Kirim Komentar