SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Berikut Profil 3 Hakim yang Bakal Adili Ferdy Sambo

antarafoto pelimpahan berkas perkara kasus ferdy sambo 051022 ies 2 1.jpg
Mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo (tengah) dikawal petugas menuju kendaraan taktis saat proses pelimpahan berkas perkara tahap dua di Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, Rabu (5/10/2022). (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww)

PENGADILAN Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) telah menetapkan majelis hakim yang akan menyidangkan Ferdy Sambo.

Majelis hakim terdiri dari:

  • Wahyu Iman Santosa
  • Morgan Simanjutak
  • Alimin Ribut

“KM [ketua majelis] Wahyu Iman Santosa. Anggota: Morgan Simanjutak dan Alimin Ribut Sujono,” kata Humas PN Jaksel Djuyamto dalam keterangan tertulisnya, Senin (10/10).

Ferdy Sambo akan disidang terkait dua perkara, yakni kasus pembunuhan Brigadir Yosua dan obstruction of justice. Berkas perkara digabung menjadi satu dakwaan.

Baca JugaWSJ: Ajudan Biden Jalin Percakapan Rahasia dengan Staf Kremlin-Sekretaris Dewan Keamanan RusiaGuru Besar Polkam Unpad Ungkap Adanya Sosok Kakak Asuh Coba Bantu Ferdy Sambo agar Vonis Ringan

Selain untuk Ferdy Sambo, majelis hakim ini juga akan menyidangkan empat terdakwa lain dalam kasus pembunuhan Brigadir Yosua. Yakni Bharada Richard Eliezer, Bripka Ricky Rizal, Kuat Ma’ruf, dan Putri Candrawathi.

Berikut profil singkat ketiga hakim yang akan menjadi pengadil Ferdy Sambo:

Baca JugaJoe Biden-Xi Jinping Berdialog Selama 3 Jam, Washington-Beijing Perbaiki HubunganTerungkap Siti Elina Todong Paspampres di Depan Istana Merdeka Tanpa Peluru, Ingin Bertemu Jokowi Bilang Dasar Negara Indonesia Salah

Wahyu Iman Santosa

Wahyu Iman Santosa. Foto: Dok. PN Jakarta Selatan
Wahyu Iman Santosa. Foto: Dok. PN Jakarta Selatan

Saat ini, ia menjabat Wakil Ketua PN Jaksel. Sebelumnya, ia pernah menjadi hakim di sejumlah pengadilan. Termasuk Ketua PN Tarakan, Ketua PN Batam, hingga Ketua PN Denpasar.

Ia baru bergabung ke PN Jaksel pada 2022. Namun langsung dipercaya menjadi Wakil Ketua PN.

Salah satu perkara yang sempat ditangani ialah praperadilan Bupati Mimika vs KPK. Ia menolak gugatan Bupati Mimika tersebut.

Baca JugaSekuriti Rumah Ferdy Sambo Ungkap Ekspresi Terakhir Brigadir J: Mukanya Melas, Engga SewajarnyaVideo Lawas Legislator Naik Pesawat Jet Pribadi Sambil Merokok Beredar, Arief Poyuono: Inikah Anggota Dewan yang Usulkan Aturan PLN 450 VA menjadi 900 VA, dan 900 VA menjadi 1300 VA?

Morgan Simanjuntak

Morgan Simanjutak. Foto: Dok. PN Jakarta Selatan
Morgan Simanjutak. Foto: Dok. PN Jakarta Selatan

Morgan Simanjuntak pernah menjadi hakim di sejumlah pengadilan. Mulai dari PN Tanjung Pinang, PN Medan, hingga pindah ke PN Jaksel pada 2021.

Beberapa kasus yang pernah ditangani ialah kasus pemerkosaan di PN Tanjung Pinang. Morgan yang duduk anggota majelis hakim ikut menghukum terdakwa 7 tahun penjara pada Maret 2010.

Pada saat di PN Medan, ia pernah menjatuhkan vonis mati terhadap terdakwa kepemilikan 85 kg sabu pada Agustus 2017. Tiga bulan kemudian, ia turut menjatuhkan vonis 1,5 tahun kepada Komisioner KPU Pakpak Bharat terdakwa kasus korupsi.

Baca JugaAngkatan Laut AS Temukan 70 Ton Komponen Bahan Bakar Rudal Tersembunyi di Kantong Pupuk dari IranSejak Akhir Agustus Lalu, Twitter Resmi TNI AD Dibajak Musuh!

Alimin Ribut

Alimin Ribut Sujono. Foto: Dok. PN Jakarta Selatan
Alimin Ribut Sujono. Foto: Dok. PN Jakarta Selatan

Alimin Ribut Sujono menjadi salah satu hakim anggota majelis hakim bagi Ferdy Sambo. Sebelum bertugas sebagai hakim di PN Jaksel ia pernah menjabat sebagai Kepala Pengadilan Negeri Bantul.

Pada saat di Bantul, ia pernah menangani perkara sengketa Dana hibah Persiba Bantul.

Sementara pada 11 Maret 2022, ia termasuk majelis yang menjatuhkan vonis 15 tahun penjara kasus penggelapan uang.

Baca JugaTimnas Indonesia Kalahkan Curacao 3-2, Shin Tae-yong: Saya Berterima KasihIni Merk Oli yang Dipalsukan di 3 Lokasi di Kota Semarang

Kasus baru yang baru dan menjadi perhatian yang ditangani Alimin Ribut di PN Jaksel salah satunya adalah pernikahan beda agama. Ia pernah mengizinkan sepasang suami istri beda agama untuk dicatat dalam administrasi kenegaraan.

Kasus Ferdy Sambo

Ferdy Sambo merupakan tersangka dalam kasus pembunuhan Brigadir Yosua dan juga obstruction of justice alias perintangan penyidikan dalam kasus tersebut.

Bersama dengan Ferdy Sambo, para tersangka lainnya juga sudah dilimpahkan ke Kejaksaan dan segera disidangkan. Mereka adalah: Bharada Richard Eliezer, Bripka Ricky Rizal, Kuat Ma’ruf, dan Putri Candrawathi. Mereka merupakan para tersangka dalam kasus pembunuhan.

Baca JugaBeberkan Motif Pemuda Madiun, Polisi Sebut MAH Bantu Bjorka karena Ingin Terkenal dan Dapat UangDaryanto alias Kodir Mengaku Diperintah Ferdy Sambo Panggil Kasatreskrim Usai Brigadir J Tewas

Sementara tersangka obstruction of justice selain Ferdy Sambo yakni Brigjen Hendra Kurniawan; Kombes Agus Nurpatria; AKBP Arif Rahman Arifin; Kompol Baiquni Wibowo; Kompol Chuck Putranto; dan AKP Irfan Widyanto. (*)

Kirim Komentar