SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Berikut Nama 9 Hakim PN Jaksel untuk Adili Tersangka Kasus Pembunuhan Berencana Brigadir J serta Kasus Obstruction of Justice

Proses Pelimpahan Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi ke Kejagung, Rabu (5/10/2022). Foto: Dok. Puspen Kejagung

FERDY Sambo dkk segera menjalani persidangan. Sidang perdana bakal digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Senin 17 Oktober .

Majelis Hakim telah ditunjuk untuk mengadili para tersangka kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua serta kasus obstruction of justice.

Ada 9 hakim yang akan mengadili Sambo dkk. Para hakim masing-masing akan menyidangkan tersangka pembunuhan berencana dan tersangka obstruction of justice.

Baca JugaTak Perlu Panik, Begini Cara Mengatasi WhatsApp ErrorGanjar Pranowo Nyapres dan Skenario Politik Dua Kaki PDIP dari Kacamata RGP2024

Para tersangka kasus pembunuhan berencana ialah Ferdy Sambo, Bharada Richard Eliezer, Bripka Ricky Rizal, Kuat Ma’ruf, dan Putri Candrawathi. Khusus Ferdy Sambo, ia akan didakwa secara berlapis. Sebab, ia juga tersangka kasus obstruction of justice.

Untuk kasus pembunuhan berencana, Ketua PN Jaksel menunjuk 3 hakim, yakni:

  1. Wahyu Iman Santosa (Ketua Majelis Hakim)
  2. Morgan Simanjutak
  3. Alimin Ribut

Untuk kasus obstruction of justice, ada dua majelis hakim berbeda. Mereka akan menyidangkan enam orang terdakwa.

Baca JugaKorban Tragedi Kanjuruhan Dipicu Situasi Panik karena Chaos hingga Terinjak-injak, Secara Medis Sesak NapasVideo Kebaya Merah Dipatok Pemesan Rp750 Ribu

Untuk tersangka Brigjen Hendra Kurniawan; Kombes Agus Nurpatria; AKBP Arif Rahman Arifin, mereka akan disidang oleh majelis hakim yang sama, yakni:

  1. Ahmad Suhel (Ketua Majelis Hakim)
  2. Anggota Djuyamto
  3. Hendra Yuristiawan

Sementara tiga tersangka lainnya yakni Kompol Baiquni Wibowo; Kompol Chuck Putranto; dan AKP Irfan Widyanto, mereka akan disidangkan oleh:

  1. Afrizal Hadi (Ketua Majelis Hakim)
  2. Ari Muladi
  3. M. Ramdes

Jadwal Sidang

Tak hanya sudah menunjuk majelis hakim. PN Jaksel telah menentukan jadwal persidangan perdana. Jadwal sidang perdana juga dipisah.

Baca JugaPerhimpunan Pendidikan dan Guru Pertanyakan Pernyataan Nadiem Makarim Soal Keberadaan 400 Tim Bayangan di KemendikbudristekBuntut Bonek Rusuh, Azrul Ananda Mundur dari Persebaya

Sidang perdana akan dibuka dengan Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Bripka Ricky Rizal, dan Kuat Ma’ruf.

Keempatnya akan menjalani sidang perdana pada pekan depan, Senin 17 Oktober 2022. Jadwal ini pun telah diunggah di SIPP PN Jaksel.

Khusus Bharada E atau Richard Eliezer, baru akan menjalani sidang perdana sehari setelah Sambo dkk, yakni pada Selasa 18 Oktober 2022.

Baca JugaKPK Kesulitan Ringkus Harun Masiku, Begini Jejak KasusnyaPM Yair Lapid: Israel Ingin Normalisasi Hubungan Diplomatik dengan Indonesia

Adapun tersangka obstruction of justice akan disidangkan pada hari Rabu 19 Oktober 2022.

“Kalau yang obstruction of justice, Rabu 19 Oktober 2022,” kata Humas PN Jaksel, Djuyamto.

Sidang Terbuka dan Offline

Ketua PN Jaksel, Saut Maruli Tua Pasaribu, memastikan sidang Ferdy Sambo dkk akan terbuka untuk umum.

Baca JugaPusat Studi Migrasi Migrant Care Ungkap Warga Indonesia yang Jadi Korban Perdagangan Orang di Kamboja Diduga Ada yang Terhubung dengan Konsorsium 303 Ferdy SamboPenembakan di Sekolah Rusia, Penyerang Bunuh Diri

Kendati begitu, mengantisipasi keterbatasan ruangan, pengadilan akan menyediakan monitor di luar ruang sidang.

“Sidangnya akan terbuka umum. Boleh tertutup, karena ruangan tidak terlalu besar, tapi di selasar disediakan monitor. Agar masyarakat, rekan-rekan media bisa meliputnya,” kata Saut kepada wartawan di PN Jaksel.

Saut juga menegaskan bahwa semua terdakwa juga akan dihadirkan di persidangan secara offline.

Baca JugaRichard Eliezer Dibekali 1 Kotak Peluru 9 mm dari Ferdy Sambo untuk Eksekusi Brigadir JKompolnas: Informasi Saksi Mata 1 Keluarga Tewas di Kalideres Lakukan Hal Tak Lazim, Salah Satunya Gunakan Alas Kaki

“Rencana sidangnya offline, artinya dihadirkan di sini terdakwa, jadi bisa meliputnya,” ucap Saut.

Kasus Ferdy Sambo

Ferdy Sambo merupakan tersangka dalam kasus pembunuhan Brigadir Yosua dan juga obstruction of justice alias perintangan penyidikan dalam kasus tersebut.

Bersama dengan Ferdy Sambo, para tersangka lainnya juga sudah dilimpahkan ke Kejaksaan dan segera disidangkan. Mereka adalah: Bharada Richard Eliezer, Bripka Ricky Rizal, Kuat Ma’ruf, dan Putri Candrawathi. Mereka merupakan para tersangka dalam kasus pembunuhan.

Baca JugaBrigjen Hendra Kurniawan Didakwa Merusak CCTV yang Membuat Terhalangi Penyidikan Kasus Pembunuhan Berencana Brigadir JProfesi Ini yang Tidak Wajib Militer Putin, Begini Alasannya

Sementara tersangka obstruction of justice selain Ferdy Sambo yakni Brigjen Hendra Kurniawan; Kombes Agus Nurpatria; AKBP Arif Rahman Arifin; Kompol Baiquni Wibowo; Kompol Chuck Putranto; dan AKP Irfan Widyanto. (*)

Kirim Komentar