SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Berikut Fakta Mundurnya Liz Truss yang Perlu Anda Ketahui

646777 06292421102022 Liz
Liz Truss/Net

LIZ Truss mengundurkan diri dari jabatan Perdana Menteri (PM) Inggris. Mengenai pengunduran dirinya ini, Liz Truss mengaku telah berbicara dengan Raja Charles II.

“Oleh karena itu, saya telah berbicara dengan Yang Mulia Raja untuk memberi tahu dia bahwa saya mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Konservatif,” kata Truss dilansir AFP, Kamis (20/10).

Berikut sejumlah fakta mundurnya Liz Truss:

Tak Bisa Jalankan Mandat

Truss mengungkap alasannya mengundurkan diri. Dia merasa tidak bisa melaksanakan mandat yang telah diberikan oleh Partai Konservatif.

Baca JugaKBRI di Seoul Sebut 2 WNI Jadi Korban Luka-luka Tragedi Halloween di ItaewonPolisi Pastikan Mobil Milik Keluarga Tewas di Kalideres Telah Dijual, Motif Korban Menjual Belum Diketahui

“Saya menyadari bahwa dalam situasi ini saya tidak dapat melaksanakan mandat Partai Konservatif yang telah memilih saya,” kata Truss.

Liz Truss juga mengatakan dia mulai menjabat saat ketidakstabilan ekonomi yang hebat. Truss mengatakan pada saat itu partainya memberikan mandat untuk menuntaskan permasalahan tersebut.

Baca JugaTeka-teki Keluarga Kalideres Sempat Jual Barang di Rumah Sebelum TewasBeredar Video Saat Perdana Menteri Kanada Dimarahi Xi Jinping, Begini Penjelasan Justin Trudeau

“Ekonomi pertumbuhan tinggi pajak rendah,” katanya.

Didesak Mundur Oleh Partainya

Sebelum resmi mengundurkan diri, Truss didesak untuk mengundurkan diri oleh partainya sendiri, setelah seorang menteri penting mundur dari jabatannya.

Dilansir kantor berita AFP, Kamis (20/10/2022), Truss didesak untuk mengundurkan diri hanya enam minggu setelah dilantik, menyusul keputusannya membatalkan kebijakan pemotongan pajak, yang menyebabkan kehancuran pasar selama krisis biaya hidup yang sudah parah.

Media The Times melaporkan bahwa kekuasaan Truss kini berada di ujung tanduk, dan mengutip seorang pendukung Truss di kabinetnya yang mengatakan: “Ini parah.”

Baca JugaKamaruddin Simanjuntak Ungkap Isi Pembicaraan Saat Bharada E Sungkem ke Ortu Brigadir JBerikut Kesaksian Ajudan dan ART Ferdy Sambo: Berbohong hingga Brigadir J Antar Kue Ultah Pernikahan

Tabloid The Sun bahkan memuat judul halaman depan “Broken”, menyebut “otoritas Truss compang-camping setelah hari kekacauan yang luar biasa”.

Politisi Konservatif Ed Vaizey mengatakan “satu-satunya jalan keluar dari kekacauan ini adalah agar Liz Truss mundur dan seseorang ditunjuk sebagai perdana menteri oleh anggota parlemen Konservatif.

Kirim Komentar

Ketika Sains Melihat Hantu Kenapa Indonesia Tak Dijadikan Negara Islam Saja? Terungkap Alasan Hepatitis Akut Disebut Misterius