SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Alami Gangguan Mesin Lion AIr JT-330 Tujuan Palembang Putar Balik ke Bandara Soetta Saat Berada di Ketinggian 3.000 Kaki

962842 09013526102022 tangkapan layae
Tangkapan layar flightradar24.com/Net

PESAWAT Lion Air dengan nomor penerbangan JT-330 tujuan Palembang putar balik ke Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, lantaran mengalami gangguan mesin. Pesawat putar balik saat berada di ketinggian 3.000 kaki.

Peristiwa itu dilaporkan terjadi pada Rabu (24/10/2022). Pesawat lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, menuju Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan, pukul 17.13 WIB.

“Fase mengudara berjalan normal. Pilot menjalankan pengoperasian pesawat berdasarkan prosedur. Pada ketinggian jelajah 3.000 kaki, pilot merasakan kinerja pada salah satu komponen mesin pesawat tidak sesuai dengan yang semestinya dan menunjukkan perlu segera dilakukan pengecekan,” kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro melalui keterangan tertulis, Rabu (26/10/2022).

Baca JugaYang Perlu Anda Ketahui Terkait Fakta Tragedi Halloween di Kawasan ItaewonHakim Sempat Tegur ART Ferdy Sambo Gegara Susi Sering Jawab Lupa dan Tidak Tahu

Danang menyampaikan, pesawat tersebut membawa enam kru dan 169 penumpang. Dia menyebutkan, sebelum keberangkatan, pesawat sudah dicek dan dinyatakan layak terbang.

“Lion Air penerbangan JT-330 telah dipersiapkan secara tepat. Sebelum keberangkatan, pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LKK dinyatakan layak dan aman dioperasikan melalui pengecekan awal (pre-flight check),” ujarnya.

Baca JugaLin Che Wei Disebut Gelar Pertemuan dengan KemendagAda 3 Catatan Legislator Soal Penghentian Sementara Penjualan Obat Sirup

Danang mengatakan pilot akhirnya memutuskan putar balik dengan alasan keselamatan. Pesawat kemudian mendarat di Bandara Soekarno-Hatta dengan normal.

“Dalam memastikan faktor keselamatan dan keamanan penerbangan (safety first), pilot memutuskan untuk kembali ke bandar udara asal (return to base) di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. Pesawat mendarat secara normal dan aman. Setelah pesawat berhenti dan parkir pada landas parkir (apron), seluruh penumpang diarahkan untuk menuju ruang tunggu (boarding gate) guna mendapatkan informasi lebih lanjut. Proses penumpang keluar dari pesawat (disembark) dilakukan secara normal,” ucapnya.

Mewakili Lion Air, Danang menyampaikan permohonan maaf atas peristiwa tersebut. Lion Air juga telah menyiapkan pesawat lain untuk para penumpang yang mengalami return to base.

Baca JugaDinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur: 131 Korban Meninggal Dunia dalam Tragedi KanjuruhanPenembakan di Colorado, 5 Tewas 18 Terluka di Klub Malam Gay

“Lion Air menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh penumpang atas ketidaknyamanan yang timbul,” imbuhnya. (*)

Kirim Komentar