SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Ada 2 Faktor Sangat Menentukan Peluang AHY Dampingi Anies Baswedan

790801 02023107102022 AHY Anies RMOL 2
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan/RMOL

PENGAMAT politik Nyarwi Ahmad menjelaskan peluang Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai calon wakil presiden mendampingi Anies Baswedan pada Pemilu 2024.

“Ada dua faktor yang sangat menentukan peluang AHY untuk mendampingi Anies,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Dia menjelaskan faktor pertama adalah dukungan dari partai politik (Parpol) lain yang potensial menjadi mitra koalisi Nasdem khususnya PKS.

Baca JugaFakta-fakta Terbaru Berdendang Bergoyang Festival Musik hingga 2 Orang Jadi TersangkaRizky Billar Jadi Tersangka Kasus Dugaan KDRT

Menurut dia, sejauh mana PKS rela kehilangan tiket cawapres jika Anies memilih AHY sebagai wakilnya. PKS merupakan salah satu tipikal partai di Indonesia yang dikenal sebagai partai kader, selain partai PDI Perjuangan.

Selain itu, PKS juga merupakan salah satu partai di Indonesia yang dikenal sangat getol untuk mendorong ‘kader internal’ maju sebagai kandidat dalam berbagai kontestasi Pemilu.

Baca JugaKuat Ma’ruf Bantah Kesaksian Vera Simanjuntak Terkait Ancam Bunuh Yosua, Hakim: Saksi Kan Tak Sebut SiapaSetahun Misterius, Jurnalis Ungkap Kejanggalan Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang

“Kalau melihat kecenderungan seperti ini, maka nasib AHY untuk menjadi Cawapres Anies, akan berada di tangan pimpinan PKS, khususnya Majelis Syuro PKS,” jelasnya.

Faktor kedua kata Nyarwi adalah daya ungkit elektabilitas AHY sebagai Cawapres jika nanti dipilih Anies sebagai pendamping.

Dia mengungkapkan dari data-data survei yang dirilis oleh lembaga-lembaga riset kredibel, akselerasi tingkat elektabilitas AHY sebagai Capres maupun Cawapres masih cukup datar.

Baca JugaSurat Dakwaan Tersangka Kasus Pembunuhan Berencana Ferdy Sambo Ungkap Kuat Ma’ruf Sebut Brigadir J Duri Dalam DagingPengamat Heran Langkah Polda Metro Jaya Dampingi Jerry Raymond Siagian Usai Dipecat, Bentuk Perlawanan Terhadap Mabes Polri

“Jika elektabilitas AHY sebagai sosok Cawapres, beberapa bulan ke depan bisa lebih ‘meroket’, maka peluang dia tentu akan lebih besar untuk dipilih sebagai Cawapres Anies,” katanya.

Analisis itu disampaikan Nyarwi terkait kunjungan Anies Baswedan sebagai calon presiden yang diusung oleh Partai Nasdem. Anies bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Anies tampak mengapresiasi sambutan hangat dari jajaran pengurus Partai Demokrat. Ia menyatakan “Begitu hangat sambutannya. Insya Allah ini penanda bahwa kita siap untuk berjalan bersama-sama ke depannya,”

Baca JugaJoe Biden-Xi Jinping Berdialog Selama 3 Jam, Washington-Beijing Perbaiki HubunganGudang Garam Terbakar di Unit 12, Pihak Manajemen: Tidak Pengaruhi Operasional Pabrik, Lokasi Kebakaran Area Penyimpanan Barang Penunjang

Pernyataan itu menurut Nyarwi bisa juga dianggap sebagai kode yang mengindikasikan peluang AHY untuk bisa mendampingi Anies Baswedan sebagai Cawapres makin besar.

Apalagi Ketua Umum Nasdem Surya Paloh yang mengumumkan pendeklarasian Anies Baswedan beberapa hari lalu telah memberikan semacam ‘hak prerogratif’ kepada Anies untuk menentukan Cawapresnya. (*)

Kirim Komentar